Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Anakku 16-18 Bulan

April26

Perkembangan anakku 16-18 Bulan

Pada usia ini si anak sudah dapat berjalan dengan lancar. Perbendaharaan kata-katanya pun semakin banyak. Dan di usianya yang ke-18 bulan dia akan berjalan dengan berjinjit-jinjit dan mulai belajar berlari. Untuk ucapan kata-katanya pun semakin jelas. Satu hal yang aku coba untuk mengurangi kebiasaan buruk anakku yaitu bila dia masuk ke dalam lingkungan baru dan bertemu dengan orang-orang baru maka dia akan takut dan menangis. Untuk itu aku daftarkan dia ke sekolah Tumble Tots agar dia dapat bersosialisasi dengan teman-teman seusianya dan juga gurunya dan saraf motoriknya lebih terasah lagi. Sejauh ini dia sangat menikmatinya.

Pada usia ini si anak sudah dibiasakan untuk bisa mengkomunikasikan keinginannya. Termasuk bila dia mau minum susu. Sekarang bila dia mau minum susu dia sudah bisa bilang “Ma…mau susu”. Ataupun bila dia mau pipis dia akan bilang “mau pis” ataupun “mau pup”.

Pada usia 17 bulan konsumsi susu nya MORINAGA CHIL MIL nya berkurang untuk itu saya berkonsultasi dengan pihak MORINAGA dan akhirnya si kecil sudah bisa diganti susu nya menjadi MORINAGA CHIL KID yang tersedia dengan rasa vanila dan rasa madu. Untuk proses penggantian ini saya melakukannya dengan mencampurkan CHIL MIL tersebut dengan CIL KID dengan komposisi yang seimbang terlebih dahulu kemudian perlahan-lahan menjadi hanya CHIL KID. Contohnya susunya harusnya 2 sendok maka saya campur CHIL MIL 1 sendok kemudian CHIL KID nya 1 sendok. Setelah dilakukan beberapa minggu untuk penyesuaian usus nya terhadap susu CHIL KID barulah dia mengkonsumsi murni CHIL KID 2 sendok. Sekarang konsumsi susunya sudah kembali normal dan mengikuti petunjuk aturan yang ada pada dus susu.

Selain dari konsumsi susu, dia sangat menyukai jus buah yang menjadi selingan di waktu-waktu makannya. Dia sangat suka Jus Strawberry dan Jus Terong Belanda. Kebetulan saya ibu yang kurang menyukai buah-buahan berharap anak ku nantinya akan menyukai buah-buahan dan sayuran.

Ternyata sekarang dia sudah tumbuh besar bukan bayi lagi ya bu…Sekarang setiap bangun pagi dia pasti memeluk dan mencium ku…

Hal ini menjadi semangat ku setiap hari…

posted under Bayi
26 Comments to

“Anakku 16-18 Bulan”

  1. On June 15th, 2009 at 10:54 pm Lina Says:

    Hallo Mam Yenti slam knal, Alhmadullilah anakknya tumbuh dengan sehat dan cepat perkembangannya. Disini saya pingin bertukar pengalaman anaku Sena sekarang usianya 6 bulan, saya mencoba untuk memberikan susu tambahan selain ASI yaitu Morinaga Chil mil ttp anaku setelah diberikan susu Chil mil selang beberapa jam langsung muntah2 banyak dan keesokan harinya mukanya keluar bintik2 merah, kenapa ya? apa ga cocok susunya? Mohon jawaban dari ibu2 yang punya pengalaman yg sama. Trimkasih

  2. On October 15th, 2009 at 10:57 am kheaz Says:

    halo,salam kenal Lina, sepertinya Sena alergi Susu, tidak tahan laktosa susu formula (susu sapi). Coba deh Susu hipoalergenik atau susu rendah alergi ini contohnya NAN HA, NUTRILON HA dan Enfa HA (HA=hipoalergenik).
    Anakku She umur 15 bulan, masih ASI sampai sekarang, tapi mulai ditambahkan susu formula sejak usia 11 bulan. she daya tangkapnya cepat & aktif, suka makan sayur dan nasi, tapi minum susu formulanya susah, hanya mau ASI, jadi beratnya susah nambah, coba susu lain, She kurang suka, BAB keras dan tidak lancar, beratnya ndak bertambah banyak. Awalnya coba berbagai merk, akhirnya ini di usia 15 bulan coba chilmil, hasilnya bagus, rasanya tidak terlalu manis, merk lain kebanyakan manis dan sepertinya kurang bisa bercampur dengan baik,buang airnya jadi teratur dan berat badannya bisa bertambah banyak.
    Semoga bisa membantu.

  3. On October 26th, 2009 at 4:01 am ninin Says:

    salam kenal bunda yenti & bunda lina…mungkin putra/putri bunda lina alergi sama susunya…dah coba periksa ke DSA?lalu sekarang anaknya bunda lina susu nya apa? klo anak saya juga minum chil mil, tapi alhamdulillah ga masalah, malah minum susunya kuat, makan nya juga kuat…tapi BBnya nambahnya sedikit sekali, sekarang umurnya dah 9 bulan, tapi beratnya, masih di bawah 7kg…tapi alhamdulillah anak ku sehta, dan super aktif…:)

  4. On February 12th, 2010 at 4:45 am novi mama alif Says:

    Salam kenal ibu2 pengguna Morinaga khususnya Chil Mil. Saya juga memberikan Chil Mil kepada putra pertama saya Alif, referensi dari teman sih yg terbukti anak2nya buntet, lincah & pinter itu jg berhasiat terhadap alif. Alif skrng umurnya 1 thn 4 bln tp udah kyk anak 2 thn lo, mudah nangkep trus aktif gak bisa diem. Saya & suami jd gak tega mau ganti susunya, dan berharap bisa selalu ksh Morinaga sampai batas kemampuan.

  5. On February 19th, 2010 at 4:57 am yenti Says:

    Dear Mama Alif..

    Senang mendengar putranya sehat ya mama…

    Memang Morinaga cukup berarti buat anak saya terutama masalah daya tahan tubuh. Karena terbukti dengan susu itu anak saya jadi jarang sakit.

    Semoga kita dapat terus memberikan yang terbaik untuk putra putri kita ya mama…

    Salam buat putranya..

  6. On March 1st, 2010 at 2:43 am Wisnu Says:

    saya punya susu chilmil mau di jual. Kemarin beli dua dus, ternyata anakku alergi.

    Barangkali ibu-ibu ada yang minat..bisa kontak saya di 081802422745..
    Ada dua dus 800gram, tapi dus yang satu udah dibuka, tinggal satu sak…

    Trims

  7. On March 27th, 2010 at 11:38 am Dc Clarence Says:

    Salam kenal sebelumnya, anak saya sejak lahir make morinaga platinum BMT, gak ada masalah, smpai masuk usia 6 bln, diganti dgn lanjutannya yaitu chil mil dan BABnya jd keras, sy coba susunya diencerkan BABnya jd jauh lebih soft tp masalahnya berat badannya jd turun sedikit, mungkin krn susunya yg diencerkan. jd sbaiknya gmn ya? mohon share pengalamannya ya!? Thx

  8. On March 29th, 2010 at 6:45 am yenti Says:

    Dear Mom,

    Saran saya bila BAB telah kembali normal, maka takaran susu nya ditambah sedikit demi sedikit hingga nantinya sesuai dengan aturan yang ada pada dus / kaleng morinaga.

    Semoga membantu ya mom…

  9. On April 4th, 2010 at 1:44 am kusuma Says:

    anak q namax rafif dia skrg dah 17 bulan, anak q dah mengkonsumsi susu morinaga sejak lahir, anakx pinter banget sekali diberi tau langsung ngerti, masalahnya biasanya aku pake rangkaian morinaga platinum end skrg aku pingin ganti yg chil kid reguler, bisa kasih pendapat g ya ?

  10. On April 21st, 2010 at 8:06 am yenti Says:

    Dear Bunda Kusuma,

    Sekedar share mom, untuk putra saya awalnya pake BMT Platinum namun setelah fase chil mil saya tidak pake yang platinum tapi pake yang reguler. Untuk fase penggantiannya, awalnya saya berikan keduanya dengan perbandingan komposisi platinum : reguler = 60:40 setelah 1 minggu anak dalam kondisi baik-baik saja maka saya ubah kembali komposisinya menjadi 50:50 setelah itu 40:60 kemudian akhirnya menjadi 100% reguler.

    Silahkan dicoba ya Bunda….

  11. On May 5th, 2010 at 12:01 am nia Says:

    dear mom,
    aku mo nanya nih. anakku,nisa,6 bulan, sejak bayi dah pake BMT Platinum dan alhamdulillah g ada masalah. Tp setelah kucoba pake Chil mil platinum kok malah mencret ya? Padahal itu kan susu lanjutannya. Pada awal perkenalan aku campur BMT dengan Chil mil dengan perbandingan 2:0,5. Eh,ternyata mencret. Ada saran ga?

  12. On May 12th, 2010 at 12:02 am rosevita Says:

    Hi mom..
    mau tanya nih anak ku umur 3,5 bln krn asi ku berkurang aku tambahkan susu formula. awal pake nutrilon royal tp muntah ganti ke Enfa ternyata belekan,ada bisul n eeq nya hijau n lengket trs aku ganti lagi ke S26 gold eh ada bercak-bercak merah.. bingung neh pake apa yah kata tmn ku pake Morinaga BMT Reg tp dktr ku bil nutrilon AH aja. mnrt moms pake apa yah??? share dunk
    thx

  13. On May 17th, 2010 at 3:55 am icha Says:

    anakku sdh berumur 16 bln makannya susah bgt,menu makanannya sudah dibuat mcm2 aneka makanan,sy sampai bingung,mungkin ada tips lainnya dr tmn2 u/ mengubah menu makanan.

  14. On May 17th, 2010 at 3:58 am icha Says:

    anakku sdh berumur 16 bln,susah bgt makannya,saya sdh buat makanan beraneka macam makanan,sy sampai bingung,mungkin ada masukan dr temen2

  15. On June 28th, 2010 at 2:09 am nio Says:

    Salam kenal semuanya, saya mama anthonio, anthonio sejak 1 bulan lahir minum BMT Plantinum sampai sekarang minum chil kid rasa vanilla kesehatannya baik2 aja mungkin krn tidak asi makanya sering flu n batuk, ttp badannya bagus malah agak sedikit kelebihan gizi. Awal nya pd saat pergantian susu memang ada sedikit mencret ttp gak apa2 kok.

  16. On August 14th, 2010 at 10:59 pm jasmine Says:

    aku sih asih muda bunda,mungkin belum saat nya berkeluarga dan memiliki anak,tapi numpang belajar untuk belajar di blog bunda ini ya,hehe

  17. On November 13th, 2010 at 5:59 am ana Says:

    Hai saya mama nya adrianoa.sekarang dia sudah umur 14 bln.dari bayi saya kasih susu bmt morinaga.skrg saya kasih dancow gold.tapi dia mencret.ini baru mau ganti chil kid.apa dia alergi susu sapi ya.kalau chilkid mengandung susu sapi gak?

  18. On January 10th, 2011 at 1:30 am mut2 Says:

    Maaf saya mau tanya anak saya yg k2 berusia 9 bln,,perkembangannya berbeda dr anak pertama saya,,umur 9bln ank k2 sya blm tumbuh gi2 dan bru bsa duduk dan menggeser bdnnya sndri,dan tengkurep sendiri,selebihnya seperti merangkak dia blm biisa,apakah hal itu biasa??dan hrsnya bln ini imunisasi campak tp kmrn bdnnya anget dan batul pilek sampai sekarang,apakah tidak apa2 klo imunisasi campak nya lewat dr 9bln??mhn bantuannya untuk informasi..terimakasih byk.. :)

  19. On January 27th, 2011 at 2:49 am Hari Says:

    Hai..saya bapaknya Okta, anak saya sudah berumur 16 bulan, tetapi sekarang ini anak saya BAB gak seperti normalnya anak kecil buang air besar, pernah disarankan ma bu bidan untuk menggunakan LLM SGM, awalnya anak saya pakai susu frisian flag tahap 2 karena BAB yang tidak senormal anak kecil buan air besar, kira2 da gak obat maupun vitamin

  20. On June 25th, 2011 at 3:30 am vivi Says:

    Hai.., sy bundax Daffa, usia 6,5 bln. Bbrp minggu ini anak sy kok susah buang air besar ya. Dr bayi dia minum BMT reguler. Krn skrg udh 6 bulanan, sy gnti Chil Mil reguler jg. Awalx ga da masalah. Tau2 skrg jdi susah BAB. 4 hri skli blm tntu dia bisa BAB. Stresx sy mnta ampun. Udh diencerkan susux msh ga brhsil jg. Saran dokter, srh gnti susux. Sbagai ibu sy ga tega gnti susux. Daffa sjk bayi pintar bgt. Mngkin sy trsugesti susu morinaga memang baik. Klo hrs gnti susu kok ga smp hati ya. Daffa ini ga bruntung krn ASI sy ga kluar sjk dia lhir. Adakan saran yg bs mmbntu sy ? Bgmn mmbuat anak sy gmpng BAB ya….

  21. On October 26th, 2011 at 9:49 am miladiah Says:

    hai… saya bunda fahri.. anak saya 9 bulan…. sejak lahir asi + bmt platinum karena asi kuarang banyak… umr 5 bulan mencret… trus ganti bebelac…. sampai dengan 8 bulan sering mencret disarankan dokter ganti sufor… sebelumnya disarankan pake o-lac enfamil…. setelah pupnya keras pelan2 di ganti chilmill.. malah mencret lg… padahal gantinya 60:40, 50:50, 40:60… apakah wajar… tolong sharenya.. atau mesti ganti sufor lainnn….. mohon sharenya yyaaa…

  22. On November 8th, 2011 at 4:01 am nikitanikita4 Says:

    bun, klo botol susunya pada pke apa ya???

  23. On November 9th, 2011 at 11:51 pm Anna Novianti Says:

    Anak saya berumur 9 bln, dulu pernah nyoba pake susu S26(Promil Gold) tapi sayang ga cocok karna anak saya harus ngeden klo mo pup di karenakan pup-nya keras!Akhirnya susunya saya ganti dengan chilmil Platinum dari morinaga, syukur alhamdulillah cocok!(ga ada masalah sama sekali)sampai sekarang

  24. On December 12th, 2011 at 5:12 am Dinda Says:

    Bisa nggak sih reaksi alergi dari bayi berasal dari botol/dot susunya? anak saya pertama minum Procal Gold dan jadi susah BAB,tapi saya ganti susu lain jg begitu,akhirnya saya ganti botol dan dot susunya,lalu dia lancar lembali BAB-nya.Mohon pencerahannya ya ibu-ibu..

  25. On February 22nd, 2012 at 3:52 am monica puspitasari Says:

    hi moms…anak saya, Fatih (15 bulan), saat ini saya sedang mulai searching2 kira2 susu formula apa yang baik untuknya setelah lepas ASI nanti.sekiranya komen2 moms semua bisa kasih pencerahan kepada saya tentang salah satu dari sekian banyak susu formula yang ada di Indonesia.trims moms :)

  26. On July 24th, 2012 at 12:29 am maia Says:

    hai..salam kenal,,saya mamahnya putri pengen share ke ibu-ibu. anak saya sekarang umur 8 bulan mulai bayi konsumsi BMT Platinum sampai sekarang lanjut ke Chilmil Platinum. alhamdulillah putri sehat dan aktif, usia sekarang udah tumbuh gigi 2 dan dari merangkak udah bisa mulai berdiri sendiri sambil pegangan di dinding..ngomong juga udah bawel mainan sambil ngoceh ala bahasa bayi..lucu banget,,pup nya juga biasa gak keras sehaari 1 kali. saya ama suami bersyukur banget.

Email will not be published

Website example

Your Comment: