Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Anakku 13-15 Bulan

February13

Perkembangan anakku 13-15 Bulan

Pada usia ini tentunya kemampuan bicaranya semakin banyak. Apalagi bila dia dikenalkan pada objek yang baru dan menarik buatnya. Kebetulan di rumah ada sepupu saya yang umurnya sekitar 4 tahun sehingga dia merasa ada teman sebayanya untuk berbicara. Apabila dirumah tidak ada anak kecil, saran saya anak lebih sering dibawa ke komunitas nya pada acara-acara tertentu, sehingga dia merasa nyaman untuk berbicara dengan teman sebayanya walaupun kadang tidak jelas apa yang dibicarakan mereka. Anakku sudah bisa bilang DUDUK, BERDIRI, MAU, SUSU (dia bilangnya TUTU) dan masih banyak lagi. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, pada usia ini anak sudah mulai sering meniru sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berbicara maupun berlaku. Pernah suatu kali ada ucapan “KAPOK”, besoknya anakku langsung menirukan kata itu. Sejak saat itu aku harus lebih berhati-hati. Dia nonton aja bisa menirukan kata-kata yang ada diiklan. Aku terkadang sampai kagum melihat perkembangannya.

Pada usianya yang ke-13 bulan, anakku masih belum bisa berjalan lancar. Dia sudah mulai berani berdiri sendiri namun agak berat untuk melangkahkan kakinya. Hampir setiap malam dia rewel bila mau tidur dan sering memeganggi kakinya. Aku sempat bingung karena sudah aku pijat sendiri tapi koq tetap rewel. Akhirnya aku cari  info dari beberapa teman dan mereka menganjurkan untuk mencoba pijat kakinya, akhirnya aku memanggil tukang pijat. Memang dia nangis ketika dipijat, namun setelah itu dia sudah bisa tidur nyenyak dan ternyata dia sudah mulai ringan untuk melangkahkan kakinya.

Memasuki usia ke-14 bulan dia sudah lancar untuk berjalan, walaupun kadang-kadang jatuh juga. Harus dipaksain berani untuk melihat dia jatuh asalkan ke arah depan jangan sampai kena ke kepala belakang. Jadi sekarang dia sudah bisa berjalan-jalan sendiri.

Untuk makanannya sudah lebih bervariasi, kadang dia sudah aku coba untuk merasa masakan ikan gule, semur daging cincang, sayur daun ubi tumbuk dan lainnya. Karena makanannya sudah bervariasi maka sangat perlu untuk memberinya buah karena tentu saja dengan berbagai macam makanan itu maka bila tidak ada buah maka dia agak kesulitan untuk BAB. Untuk usianya yang sekarang 15 bulan berat badannya 11 kg.

Memang benar bahwa masing-masing anak berbeda perkembangannya, untuk itu kita sebagai seorang ibu harus sabar dalam membesarkan anak-anak buah hati kita.

posted under Bayi
15 Comments to

“Anakku 13-15 Bulan”

  1. On July 11th, 2010 at 11:32 pm nefertitistory Says:

    wah lucu ya anaknya … Kalo anaku belum dikasih terlalu banyak variasi makanan, padahal selera makannya tinggi. Masih di observasi mana yang cocok or ga, tar kesulitan BAB, rada repot :D

  2. On October 5th, 2010 at 12:12 am novi Says:

    Aduh bun, gitu ya musti tega liat dia jatoh2 buat belajar jalan? Sejauh ini anak aku dah titah tapi karena dia sering jatoh dari kasur or tempat tidurnya (abis tidurnya polah si) dia jadi suka nangis n ketakutan kalo pelan2 saya lepas tangan saya supaya dia bisa jalan sendiri.
    Mungkin musti banyak belajar di tempat2 seperti Gymboree gitu kali ya supaya dia terbiasa

  3. On January 4th, 2011 at 5:29 am mommy yoel Says:

    anakku dah hampir 15 bln, makannya lahap banget… kalo ada anggt klrg yg lg makan apa gt, lgs dideketin ma dia, mksdnya mo mnt…. kalo soal jalan, dah lumayan lancar sih… kadang2 kl ke mall suka mls jln jg, monya digendong… terkadang ngoceh terus, bikin kita gemes yah… pokoqnya anak usia2 seginilah yg bikin kita gemeeeesss ma dia, kl dikantor rasanya pengen cpt pulang, trus maen deh ma dia… bt para bunda, don’t worry yah ma anak kita, kl di usia 13 -15 bln ini dia blm bs jln ato ngomong, ya kita latih trs… jgn lgs putus asa, mmg bnr, perkembangan tiap anak beda2

  4. On January 13th, 2011 at 10:23 am bunda Raffa Says:

    salam kenal buat bunda semua nya,bulan ini anakku genap 14 bulan,13 bulan lancar berjalan,sejak usia 1 thn sudah dberi makanan keluarga dan dia menyukai nya,tapi sjk usia 1 thn pula mulai susah makan sayuran,mau nya yg kering2,spt ikan,kentang,telor di goreng,sampai2 wortel pun di goreng,kata orang mungkin dia bosan dgn menu nya selama ini,di usia 10 bulan sudah mengerti apa yg orang lain maksud,sdh bisa disuruh dgn perintah,ambil,letakkan,tutup,buka walaupn objek yg dimksd jauh,mengerti dgn kata jangan,lagi,awas,tunggu..bisa menunjuk semua anggota tubuh dan benda sekitar..bisa berbicara apa saja dgn nya dan dia mendngarkan,seru deh..tapi smpai umur 14 bln ini kosa kata nya msih sedikit,baru bisa ngucapin ayah,uti,dak..padahal sering diajak ngbrol,bercerita,memb2ca buku,memang benar bunda untuk belajar jalan jangan takut anak kita jatuh,karena itu proses belajar nya,sejauh jatuh nya tidak membahayakan dan selalu diawasi

  5. On February 25th, 2011 at 3:19 am mellin Says:

    senang yaaa,punya baby aktif.
    anak ku usianya 15 bln jalan,tp blum bsa brjalan.hati agak hawatir,normal gak yaaa…..

  6. On April 12th, 2011 at 9:36 pm vivin Says:

    alhamdulillah, anak qu usia na 14 bulan
    da bisa berjalan dengan benar walaupun juga kdang jatuh2
    mam ny jg lahap…..
    buat para2 ibu muda be the best mom y buat anak qt
    kr tu mua anugrah yang terindah…….

  7. On July 12th, 2011 at 11:09 am adisti missie Says:

    Halo bunda2..slm kenal y.ankku,fazzal jg da 15 bln.الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ da bs jln dr 11bln.skrg mlhn da lari.kosa katany da tmbh bnyak.tp gi2ny dr 8bln mpe skrg g nambah2.msh aja 6bji.pdhl da mkn segala tp kok msh g tmbh y?k dsa ny ktny normal.mang ank mpunyai keunikan msg2 y..

  8. On August 23rd, 2011 at 12:08 pm ummi aqilah Says:

    Assalamu’alaykum,knalin sy ummi aqilah,aqilah skrg 14, lebih berat badan y 8 kg bulan makan y agak susah skrg kl di pegang mw jalan atau lari tp kl sdiri msh takut2,kl ngomong msh ujung2 kata misal y “minta” jadi “tak”biasa y kl aqilah ngomong di perjelas dg bodylanguage y

  9. On October 12th, 2011 at 2:42 am ummi fawwaz Says:

    assalamu’alaikum. salam kenal bunda semua. anakku sekarang jalan 15 bln. tapi belum bisa jalan. habis…anakku agak malas klo diajarin melangkah. padahal klo sedang main sendiri bisa 3-4 langkah. bicaranya masih sederhana seperti “mam”, “mimi”, “lagi”, “papa”, “kaki”. yang paling jelas justru “buang”. tapi giginya sudah ada 12. anakku memang alergi susu sapi & protein tinggi, bahkan udara dingin. menurut dsa sich…utk anak yg alergi spt anakku ada kecenderungan perkembangan motorisnya lebih lambat. krn menu makannya pun jadi ekstra hati2.

  10. On November 10th, 2011 at 11:49 am Wulan Says:

    Alhamdulillah..hri ini anakku,Aqilla, genap 15 bulan,dh bs jalan dari umur 12 bulan..tapi gigi baru 6, atas 4 bawah 2,nie baru mau kluar 1 lagi dibawah…bulan kemarin BBnya 10.4..bulan ini belum nimbang lagi nich..dari umur 12 bulan, Aqilla dh bisa manggil mbahnya…dh ngerti kl diajak ngomong atww disuruh dan dilarang…

  11. On November 11th, 2011 at 2:42 am mama kevin Says:

    halo bunda-bunda smua, mo numpang nanya donk….anak ku sekarang udah 13 bulan, udah boleh dikasih makan nasi belum ya???soale kadang-kadang kelihatannya dia bosan makan makanan dia sendiri, tapi klo ada anggota kluarga yang makan langsung dideketin dan klo disuapin dia mau makan….
    makasih sebelumnya…

  12. On November 21st, 2011 at 5:03 am Irma yusnita Says:

    salam kenal ya..anakku gabrielle kazio skg 13 bulan 25 hari berat bdnnya 12 lbh, dia udh pintar jln skg.sjk usia 8 bulan sdh berdiri dan 9 bulan sdh lancar tentu sja melewati pase2, senang rasanya..wlupun anak sy ga minum asi krn ga keluar tp anak sy ga prh sakit. sjk usia 6 bln MPasi nya sll sy buat sendiri dan sll sy ksh jus buah dan smpi usia 9 bln gk prh sy ksh garam dan gula.hanya sja skg stlh memasuki usia 1 tahun makannya mulai di emut pdhl sdh sy ksh garam dan gula sdkt sja, sbg info anak saya sy ksh nasi lembek pdhl giginya skg sdh 16 buah termsk geraham depan bawah dan atas sdh tumbuh di atas dua dan di bwah 2 tp klu kue makannya dikunyah.klu nasi diemut lalu ditelan, apa itu ya ibu ibu ?yg menyebabkan Bab nya kdg keras pdhl hmpr tiap hari anak sy sy beri jus buah dan mkannnya sllu sy ksh sayur dan ikan yg diblender sebentar ttp nasinya ga di blender atau ada sebab lainnya ya, sy jd bingung?dan apakh ga aneh klu giginya sdh byk msh diksh nasi lembek krn sy sdh cba nasi tp dia gk mau. tlg ksh saran ya…mksh

  13. On January 29th, 2012 at 12:42 am shinta Says:

    anak ke2ku christopher 15 bln berat hampir 10 kg, selera makannya bagus, tp di ga mau nasi biasa (kasar). dia hanya mau nasi tim, sayuran pun kalo dicampur nasi ga bs ngunyah tp kalo makan wortel aja tanpa nasi dia mau. ada yang bisa kasih masukan supaya anakku mau kunyah nasi kasar dan sayuran. giginya atas 4 bwh4, jln udah pinter tp msh sempoyongan. thanks

  14. On February 26th, 2012 at 9:37 am Amih_Tristan Says:

    Assalamualaikum…
    hai … aku amih nya tristan, tristan sekarang udah mau 15 bulan neh ..
    alhamdu jln nya udah mantep malah suka pake lari larian segala ,,,
    tpi msih blm lancar ngomongnya ,,,
    tristan suka sekali binatang .. klo ditanya gimana suara gajah ?
    dia bilang ” GAJAH “heeeee lucunya…
    semangat y buat para bunda … jadilah selalu bunda yg terbaik untuk c kecil.

  15. On June 24th, 2012 at 9:48 pm bunda attar Says:

    bunda, anak saya attar, 14 bulan lebih, belum jalan lancar, melangkah bs sedikit2 kmd langsung duduk merangkak lagi,,, kmd setelah sempat kena diare berat badannya susut dan sekarang nafsu makan berkurang, bb skrg 10 kg, jika makan akhirnya pasti di lepeh,, gigi mau 8, 4 atas dan 4 bawah, ada saran moms, bgmn spy anak saya nafsu makannya naik dan spy berat nya jg naik, dan bs cepat jalan….

Email will not be published

Website example

Your Comment: