Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Anakku Malas Makan

December19

Anakku malas makan…

Anakku umur 13 bulan. Sudah seminggu ini anakku susah sekali kalau disuapi makan. Makanan pasti diemut dan lama sekali. Jauh banget dengan sebelumnya yang nasinya pasti habis dimakan. Sampai hari ini kesabaranku akhirnya habis anakku aku marahin sampai dia nangis dan tertidur.

Kepikiran dengan sikapku tadi akhirnya aku mencari-cari artikel tentang kondisi dan penyebab anak malas makan, ternyata ada beberapa hal yang tak seharusnya aku lakukan.

Bagi anak, saat makan itu bukan hanya pemenuhan gizi tetapi juga saat penuh tantangan, rasa ingin tahu, berlatih, dan juga belajar.

Problema sulit makan – bukan hanya buah — biasa dialami anak usia batita. Umumnya mulai ditemui pada usia anak 1-4 tahun. Banyak hal jadi penyebab.

Anak usia di atas 2 tahun, sering membangkang alias tidak mau patuh. Saat makan tiba, anak terkadang bilang gak mau, makanannya suka dilepeh atau dilempar, dan lain-lain. Ini disebut sikap negativistik. Jangan khawatir bunda, sikap negativistik sebenarnya merupakan fase normal yang dilalui tiap anak usia batita.

Sikap ini juga suatu bagian dari tahapan perkembangannya untuk menunjukkan keinginan untuk independen. Jadi, batita umumnya ditandai dengan “aku”, artinya segala sesuatunya harus berasal dari aku bukan dari orang lain, intinya power. Nah, banyak orangtua yang kurang memahami hal ini, sehingga lantaran khawatir kecukupan gizi anak tidak terpenuhi, orangtua biasanya makin keras memaksa anaknya makan. Ada orangtua yang mengancam anaknya bahkan memukul. Cara-cara tersebut harus dihindari.

Justru semakin dipaksa, anak akan makin melawan (sebagai wujud negativistiknya). Akibatnya apalagi kalau bukan penolakan terhadap makanan. Bisa dimaklumi kalau ada orang yang sampai dewasa emoh makan nasi atau sama sekali tak menyentuh daging. Bisa jadi sewaktu masih kecil yang bersangkutan sempat mengalami trauma akibat perlakuan orangtua yang selalu memberinya makan secara paksa.

Pahami kondisi anak dengan baik. Jadilah orangtua otoritatif. Artinya, bersikap tidak memaksa, tetapi juga tidak membiarkan begitu saja. Bina komunikasi yang baik dengan anak. Bersabarlah menghadapi anak. Kan rumah adalah sekolah pertama dan utama bagi anak.

Nah, berikut beberapa penyebab anak susah makan dan tips mengatasinya yang perlu bunda ketahui:

Bosan dengan menu dan penyajian makanan.

Menu makan saat anak selepas ASI eksklusif yang itu-itu saja akan membuat anak bosan dan malas makan. Belum lagi cara penyajian makanan yang campur aduk antara lauk pauk seperti makanan diblender jadi satu. Sama dengan orang dewasa, kalau makan dengan menu sama tiap hari dan disajikan campur aduk, pasti malas makan. Untuk itu, variasikan menu makan anak.Tergantung pintar-pintarnya bunda memberikan makanan bervariasi. Kalau anak gak mau nasi, kan bisa diganti dengan roti, makaroni, pasta, bakmi, atau yang lainnya. Penyajian makanan yg menarik penting sekali. Jangan campur adukkan makanan. Pisahkan nasi dengan lauk pauknya. Hias dengan aneka warna dan bentuk. Jika perlu cetak makanan dengan cetakan kue yg lucu.

Memakan camilan padat kalori menjelang jam makan

Hal ini membuat anak tidak merasa lapar. Seperti permen, minuman ringan, coklat, hingga snack ber-MSG. Akibatnya, ketika jam makan tiba anak sudah kekenyangan. Atur makanan selingan jauh sebelum waktu makan tiba. Beri camilan yang sehat seperti potongan buah, sayur kukus, keju, yoghurt, es krim, cake buatan ibu, atau lainnya.

Minum susu terlalu banyak

Susu di banyak keluarga dianggap sebagai makanan dewa yang bisa menggantikan makanan utama seperti nasi, sayur dan lauk pauknya. Orangtua cenderung kurang sabar memberikan makanan kasar. Atau orangtua sering takut anaknya kelaparan, sehingga makanan diganti dengan susu. Akhirnya, daripada perut si anak tidak kemasukan makanan, diberikan saja susu berlebihan. Padahal setelah anak berusia satu tahun, kehadiran susu dalam menu sehari-hari bukanlah hal wajib. Secara gizi, susu hanya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor saja. Mulailah melatih anak dengan berbagai jenis makanan. Ubah juga pola pikir orangtua.

Terpengaruh kebiasaan orangtua

Anak suka meniru apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, terutama orangtua. Banyak perilaku yang dilakukan orangtua mempengaruhi perilaku makan anak. Misalnya, anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang malas makan (diet), akan mengembangkan perilaku malas makan juga. Perhatikan dan ubah kebiasaan dan perilaku orangtua kapanpun, termasuk perilaku makan. Ingat, anak merekam, belajar, dan menerapkan semua hal yang ia dapat dari lingkungan sekitarnya, terutama orangtua. Biarkan anak mencoba memakan makanan sendiri sejak dini, tanpa disuapi.

Intinya, yang jelas dan perlu diingat baik-baik oleh tiap orangtua adalah, seberapapun anak susah makan, ia tidak akan membiarkan dirinya kelaparan selama mentalnya sehat. Artinya, begitu ia kelaparan, maka pasti ia akan makan. Jadi, tetaplah kreatif mengolah dan menyajikan makanan, bina komunikasi yang baik, terus belajar menjadi orangtua dan memahami kondisi anak.

Jadi kita para orangtua harus lebih bersabar yaa…dan ingat si kecil sekarang sudah mulai memahami kalau dimarahi…

sumber : berbagai sumber & Morinaga LEARN- Article and tips

 

posted under Kesehatan
20 Comments to

“Anakku Malas Makan”

  1. On December 25th, 2008 at 8:39 am sedax Says:

    What a great site!Thank you
    :)

  2. On December 26th, 2008 at 10:58 am aliciass Says:

    Ou-yo-yu what a nice site!
    :)

  3. On July 25th, 2009 at 2:47 am khairul syah Says:

    mengapa anak saya mulai dari lahinya sampai sekarang telah berusia 8 bulan tidak mau minum susu? tolong penjelasannya

  4. On July 25th, 2009 at 2:48 am khairul syah Says:

    thank atas sarannya sangat membantu

  5. On November 13th, 2009 at 2:17 am dwi Says:

    kenapa anak saya susah sekali makan sayur padahal aq dah capek buatin aneka menu dr sayuran? anak q usianya 6 tahun

  6. On February 12th, 2010 at 4:53 am jeny Says:

    anakku 16 bln juga susah makan.. makan suka diemut.. pdhl giginya uda lebih dr 14 bh.. klo ada yg pny resep masakan anak tlg share ya..tq

  7. On February 18th, 2010 at 9:20 pm dayu Says:

    wah menarik juga kalo masalah makan anak krn anak saya juga malas makannya, o ya bu yenti saya bingung anak saya 2th 6 bln saya buatkan aneka makanan tapi slalu dimuntahkan dan pada akhirnya dia kembali ke makanan favouritnya ” Nudget ” tapi saya kasihan kalo dikasih nudget terus mungkin ada tips tentang makanan utk anak seusia anak saya, tks.

  8. On April 29th, 2010 at 11:15 am Nia Says:

    Mksh buat infonya.tapi bun,saya lg bingung nih.anakku umur 8 bln ga mau mkn,setiap disuapi pasti dilepeh.maunya mimi asi aja.napa ya?

  9. On May 21st, 2010 at 9:53 am Ulfa arif Says:

    Mlm bundah…..anakQ usiax 7bln,susah sekali mkanx,maux mimi asi ajah di cobain susu formula jg g’mau..tolong ya bagi pengalaman vit apa yah kira2 yg baik u/penambah nafsu mkn,??

  10. On May 26th, 2010 at 7:54 pm gasol Says:

    Nice artikel. Thanks alot atas sharingnya.

  11. On May 31st, 2010 at 10:17 am Didik maryono Says:

    Anakku 4 thn,tingginya 93 cm berat 11 kg,susah mkn maunya main terus sm minum susu.gmn ya agar napsu/mau mkn biar tubuhnya ideal ?

  12. On July 25th, 2010 at 12:00 pm susantini Lay Says:

    salam kenal ibu2>anakku 8bulan 2minggu.dari usia 8bulan ak mencoba untuk masak bubur sendiri untuknya.sebelumnya ak kasih bubur promina, milna dan cerelac.sengaja kasih coba banyak rasa supaya nantinya dia tidak pilih2 makanan.ternyata babyku lebih suka bubur bikinanku.resepnya simple:beras 1 gelas(gelas beras), wotel ukuran sedang 1biji, tomat 1biji ukuran sedang, ayam kampung 1/4 potong.semua masak jadi satu.tapi utk sayuran dimasukin setelah beras sudah mekar(sudh jadi bubur) masak sekitar 10ment.ambil secukupnya and blender.sajikan dengan keju parut.(campurkan ke bubur).utk wortel and tomat boleh ganti dengan brokoli atau sayuran lainnya.selamat mencoba.

  13. On July 25th, 2010 at 12:01 pm susantini Lay Says:

    oh ya jangan lupa buatlah suasana makan yang menyenangkan.

  14. On September 21st, 2010 at 12:29 pm widya Says:

    wih makasih artikelnya,,saya sangat terbantu dan pengetahuan saya bertambah lagi,,

  15. On October 4th, 2010 at 9:57 am zeta Says:

    anak saya umur 18 bulan,,makan ny malas sekali,kalo pn dia mau makan,cuma 1 sendok..gimana cara nya byr mau makan ya,,diurut pn uda pernah kami lakukan,tp itu tidak ada pengaruh nya…

  16. On October 7th, 2010 at 3:48 am SITI Says:

    Mksh info nya sangat membantu skali.anak ku umur 4th,tnggi 97,bb 13kl.susah bnget mkn dr bayi,saya slalu memberikan dia vit tp mknnya ttp susah.gmn cara menangani,apakah baik memberikan vit dlm jangka waktu yg lama..?makasih banyak

  17. On October 9th, 2010 at 1:18 am ifa Says:

    anakku 2thn,tp mknnya susah bgt.mnm susu jg ga mau gmn ya agar dia mau mnm susu n nafsu mkn biar tubuhnya ideal?

  18. On November 10th, 2010 at 5:33 am yenny Says:

    Waaahh’ infox bermanfaat skali..trimakasih :) mdh2an stlh nnt diterapkan anakku bs lahap makan seperti biasax lg..anakku umur 13bulan BB 14kg.d’banding dgn anak2 yg lain mmg badanx padat banget..tp kan sayang klo tiba2 BBx turun cm krn malas makan :)

  19. On May 21st, 2011 at 11:22 pm anisa Says:

    luar biasa..
    meskipun berbagai cara telah ku lakukan ,dari pada di paksa ,akhirnya saya buatkan cemilan,spt bakwan dgn sayuran beri 1 dia pegang makan sendiri toh berhasil,tips..
    jangan beri susu kalau bangun tidur,cukup air putih,tunggu…pasti lapar deh..
    kalau tidak mau di suap,kasi sepotong pepaya,pisang,kue,tempe goreng biar dia makan sendiri,beres..memang kotor,tapi ibu puas nanti mandikan…
    dia maunya memegang sendiri makanannya coba deh….katanya memahami anak

  20. On February 18th, 2012 at 8:58 pm umi'e hilmi Says:

    ya… ini usefull bgt,coz aq lom byk tau soal keinginan anak.yg aq pkirkan maunya aq.berusaha..sabar…

Email will not be published

Website example

Your Comment: