Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Tips untuk mengatasi Batuk Pilek dan Flu

September11

Bila anak terserang batuk pilek ataupun flu ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya tanpa harus ke dokter terlebih dahulu. Pengobatan medis dilakukan bila keluhan atas penyakit tersebut sangat mengganggu dan antibiotika diberikan apabila dicurigai ada infeksi yang terjadi oleh bakteri sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan di rumah untuk anak anda :
~ Banyaklah meminum air putih sebagai pengencer dahak
~ Bila saluran nafas tersumbat berilah air garam steril bisa diberikan sebagai tetes hidung untuk mengencerkan ingus
~ Atau menghirup uap air hangat
~ Jemurlah bayi di pagi hari
~ Konsumsilah sup sayuran dengan bumbu bawang putih. Kandungan bahan kimianya bisa berfungsi sebagai antiprotozoa, antimikroba dan antivirus
~ Konsumsi vitamin C yang dapat mengurangi parahnya penyakit
~ Setelah anak tidur letakkanlah ember berisi air mendidih di dalam ruangan agar udara tidak kering
~ Cucilah tangan sesering mungkin

Bila hal tersebut tidak mengurangi sakitnya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

posted under Kesehatan
81 Comments to

“Tips untuk mengatasi Batuk Pilek dan Flu”

  1. On January 26th, 2009 at 12:43 am Ria Says:

    Obat batuk dan pilek apa yang bisa diberikan untuk bayi umur 3bulan

  2. On January 29th, 2009 at 2:59 am yenti Says:

    Untuk seusia itu bila anak saya pilek saya berik ALCO oral drops..karena usianya < 2 tahun dosisnya biasanya sesuai anjuran dokter..kalau saya biasanya berikan 0,3 ml. Untuk batuk dulu saya berikan MUCOPECT..dosisnya sesuai anjuran dokter. Semoga bayinya lekas sembuh ya…

  3. On April 2nd, 2009 at 4:01 am desi Says:

    Cara mencegah batuk pilek

  4. On June 22nd, 2009 at 4:24 am Lina Says:

    Mana donk bu Desi isinya Cara mencegah batuk pileknya? DITUNGGU!!!!!!!!!!!!

  5. On September 16th, 2009 at 8:18 am umi aisyah Says:

    anak saya usia 5 bulan, batuk pilek dan kayaknya dia bernapas tuh susah mampet. Untuk sementara ini saya hentikan pemberian susu formula.. Apa mungkin penyebabnya daari susu formula?

  6. On September 17th, 2009 at 12:33 am yenti Says:

    Dear Umi,

    Mama umi setau saya bila tidak cocok dengan susu formula itu berpengaruh terhadap pencernaannya ataupun menjadi alergi, kalau masalah pernapasan saya sih belum pernah tau ya mama umi…

    Untuk memastikannya mama umi bisa ke dokter karena kalau ternyata memang karena susu formula kasian si bayi kalau terlalu lama menggunakan susu itu.

    Semoga si kecil lekas sembuh ya…

  7. On November 2nd, 2009 at 12:06 am ariyanto Says:

    anak saya usia 11 bulan minum susu formula,mulai umur 2 bulan sampai sekarang sering gatal – gatal

  8. On November 8th, 2009 at 4:22 am yenti Says:

    Pak Ari,

    Apakah anak bapak minum susu formula dari usia 2 bulan? Apabila gatal-gatal tersebut muncul setelah mengkonsumsi susu formula maka ada kemungkinan susu formulanya tidak cocok bagi si bayi…

  9. On December 13th, 2009 at 8:22 pm desy s Says:

    anak saya batuk dimalam hari sering banget sampe sampe keluar keringat di kepalanya.apa obatnya karena sirup obat batuk dari dokter jugabelum manjur tolong kasihan bayi saya baru juga mau masuk 5 bulan

  10. On December 20th, 2009 at 4:52 am yenti Says:

    Dear Bunda Desy,

    Untuk seusia itu bila anak saya pilek saya beri ALCO oral drops..karena usianya < 2 tahun dosisnya biasanya sesuai anjuran dokter..kalau saya biasanya berikan 0,3 ml. Untuk batuk dulu saya berikan MUCOPECT..dosisnya sesuai anjuran dokter. Semoga bayinya lekas sembuh ya…

  11. On January 3rd, 2010 at 5:50 pm Dahlia Says:

    Dear para ibu. Anak saya usianya 11 bln kami tinggal dikalteng (karna sdang dinas)skrg kta sdg djakarta.ank saya sjak lahir tdk pernh btuk n pilek krn didukung polusi dikalteng relatif rendah krn kta diperkebunan.tetpi ank sya lgsg btuk pilek saat bbrapa hri stay dijakarta krn polusi yg luar biasa.saya bingung kl ank sya sdang btuk dia smp mau muntah untk mengeluarkan dahaknya tp byi kan blm bsa mengeluarkan melalui mulut.saat ini sdh saya beri mucopect aj.n masalah flu nya apa perlu sya brikan obt flu jg..apa flu ank sya krn dampak dri btuknya.atau memang hrus diatasi dng obt sendiri2.thanx bgt atas saranya (lya)

  12. On January 8th, 2010 at 5:43 am yenti Says:

    Dear Mom Dahlia,

    Memang kondisi di Jakarta yang banyak polusi menyebabkan anak gampang terserang penyakit.

    Untuk flu biasanya anak saya diberikan obat sendiri juga oleh dokternya karena tergantung juga apakah flunya ringan atau ada demamnya.

    Silahkan dikonsultasikan ke dokter ya mom..Semoga sang buah hati lekas sembuh yaa….

  13. On February 9th, 2010 at 3:04 am bunda syifa Says:

    anakku baru berussia menginjak 5 bulan juga rewel gara-gara batuk pilek mohon solusinya dari para ibu

  14. On March 2nd, 2010 at 1:55 am Bunda Meilia Says:

    Bunda yanti,kebetulan sikecil lg batuk. kalau diberi mucera dosisnya gmn? berapa kali dalam sehari n berapa tetes dalam sekali minum n berapa ml. thx

  15. On March 4th, 2010 at 12:51 am yenti Says:

    Dear Bunda Meilia,

    Silahkan lihat dosisnya pada kotak obatnya atau diskusikan dengan dokter anda ya..agar tidak salah dosis nya

    Semoga lekas sembuh ya bunda..

  16. On March 29th, 2010 at 11:56 pm denny Says:

    bund yenti,anak saya usinya mau 5 bln,ni mengalami skt batuk dan pilek(cair),jg demam,apa ya obat yg blh digunakan?

  17. On April 21st, 2010 at 8:08 am yenti Says:

    Dear Bunda Denny,

    Pada usia sekitar itu anak saya batuk saya berikan MUCERA Drop, dan untuk pilek saya berikan ALCO Drop. Biasanya 1 minggu sudah sembuh. Bila belum sembuh silahkan menghubungi dokternya ya bunda…

  18. On May 1st, 2010 at 11:12 pm Bunda Arqhya Says:

    Maaf saya ikutan nanya..
    Ank saya arQhya (6bln) sdg pilek+batuk berdahak sudah 3 hari..
    Blm prksa k doktr,
    dulu prnah d diagnosis gjala asma olh dsa..
    Ank q lahir prmatur 29mg,
    obat apa yg cocok
    untuk ank q yg pny alergi dngin ini?
    Atas jawaban yg d berikan,
    saya ucapin makasih..

  19. On July 7th, 2010 at 5:49 am dita Says:

    mau tanya ank saya sekarang baru 1 bulan sdh batuk pilek juga,karena ayahnya sedang sakit juga.obat apa ya yg cocok buat bayi 1 bulan,harap bantuannya.

  20. On August 6th, 2010 at 9:14 pm mama ima Says:

    Anak sy usia 2bln. hdungnya sering trsumbat hanya dmalam hari sj. tp untuk siangnya normal. bgaimana cara mengatasinya? apakah faktor pnyebab hdungnya trsumbat? knpa hnya pd mlm hari sj?

  21. On August 19th, 2010 at 1:25 am pray Says:

    anak saya laki-laki berumur 1 bln, anak saya sekrang sedang mengalami pendahakan pada tenggorokan, para sahabat bagaimana cara mengatasinya …?? maklum anak pertama

  22. On August 21st, 2010 at 8:10 pm Sheila Says:

    Tolong saya jg..
    Anak saya baru jg masuk usia 2bulan..
    Tp skrg hidungny mampet gara2 banyak dahak..
    Kasian tidurny jg ga nyenyak dan suka nangis rewel..
    Gimana iah cara mengatasinya..
    Thanks buat saarannya..

  23. On November 2nd, 2010 at 11:41 pm imung Says:

    para ibu…,cara pengobatan anak batuk n flu yg terbaik adalah dg pemberian ASI sesering mungkin..” biar antibody si anak yg bekerja,hasilnya lbh baik n sehat lho..”

  24. On November 29th, 2010 at 12:35 am momy naura Says:

    biasanya sih klo naura (3 bln) flu, saya kasih NIPE….alhmdlh br 2 hari dh sembuh, terus jgn dimandikan dulu…..semoga membantu..

  25. On December 6th, 2010 at 4:53 am mahbubiyah ulfah Says:

    saya punya bayi berusia 5 bulan. sudah sebulan lebih ini anak saya batuk dan flu,batukny sih jarang cuma pada saat mau ngeluarin dahakny aja,jadi nafasnya bunyi kayak orang ngorok,saya udah 3x ke dokter tapi belum ada perubahan.sekarang sudah saya hentikan anak saya minum obat dari dokter,saya takut anak saya kebanyakan minum obat kimia. tolong donk solusinya?

  26. On January 1st, 2011 at 12:00 pm agung s Says:

    anak saya cewek umur 3,5th lagi kena pilek,batuk&pns dlm gmn cara mengatasi nya?

  27. On January 11th, 2011 at 8:08 am mamah amel Says:

    saya punya bayi usia bayi saya 6 bln. sudah sebulan bayi saya batuk dan pilek sampai napas nya seperti orang ngorok,saya sudah 3X ke dokter tapi tidak ada perubahan,,tolong bantu saya carikan solusi nya,,apa ada pengaruhnya dengan makanan pendamping,,,

  28. On January 16th, 2011 at 1:26 am lanny Says:

    anak saya yg kedua waktu umur 6bln juga batuk pilek tidak sembuh2 kira2 selama 1 bulan. sudah gonta ganti dokter juga. (kasian T_T) tapi memang dokter anak yg pertama bilang kalo minum obat tidak sembuh juga, coba ganti susu soya (karena memang ada bakat alergi dari saya dan suami). Sebelumnya saya tidak segera ganti soya karena sufornya HA (susu sapi yg alerginya dihilangkan) dan selama 6 bln tidak apa2. Akhirnya saya menyerah n ganti susu soya dan saya pijatkan juga anak saya krn pengasuhnya juga bilang mgkn kecapekan karena tingkahnya banyak.. Berapa hari kemudian udah keliatan hasilnya, batuk pilek berkurang kemudian berangsur sembuh. Semoga membantu..

  29. On January 16th, 2011 at 1:33 am lanny Says:

    oya, kan waktu 5,5bln saya jg udah kasih bubur susu. mgkn krn kurang alami.. (berasnya gak digiling sendiri) atau mgkn bayi mamah amel pake yg instan campur susu sapi mgkn saja bisa jadi batuk pilek. baru ketahuan alergi mmg bisa pada umur 6bln.

  30. On February 15th, 2011 at 5:29 pm Fian ibu Says:

    Teman2 mohon advisnya ya.. Anak ku berusia 2 bln sdh batuk pilek dokter blg hanya suruh rajin di jemur tp krn musim hujan mataharinya gak pernah nongol. So kalo sy belikan obat sendiri sdh bisa blm ya bayi usia 2 bln diminumi obat? Obat apa yg bagus?

  31. On March 4th, 2011 at 12:52 pm Arief Anggriawan Says:

    Makanan apa yang baik di konsumsi buat anakl saya yang batuk dan pilek,karena makan nasi sedikit aja muntah,umur anak saya saat ini 2,5 tahun.trimakasih atas bantuannya.

  32. On March 4th, 2011 at 6:23 pm mommy bastian Says:

    Hallo moms,

    Bastian jg lagi pilek + batuk.. Kasihan bgt smp ga bs boboo pules.. Info dr tmn2 ku, hrs digenjot asi… Aku jg mnm obat pilek n batuk supaya bs ksh lwt asi.
    Klo mampet, aku ksh breathy, abis itu sedot ingusnya pake pipet.
    AC jg dikecilin, suhu kamar ϑëн… Sekitar 25 ℃ -an…
    Мɑü dijemur jg bingung soalnya matahari jrg bgt nongolnya…
    Blom ƙ dktr jg, ngeri babyku dksh obat… Sdh 5 hr bapil ga smbuh2 :(
    Sorry ga nolong, cm curhat ɑjɑ…

  33. On March 13th, 2011 at 9:22 am dini Says:

    dear all…
    Mohon infonya (uRGENT)…anak saya 6 bulan…lagi batuk dahak n pilek…saya mau kasih obat ALCO n MUCOPECT…tapi gk tau dosisnya…ada yang tahu dosisnya n berapa kali sehari gak? Terima kasih…

  34. On March 17th, 2011 at 8:46 pm yenti Says:

    Hi Mom Dini..

    Untuk seusia itu bila anak saya pilek saya berik ALCO oral drops..karena usianya < 2 tahun dosisnya biasanya sesuai anjuran dokter..kalau saya biasanya berikan 0,3 ml tiga kali sehari. Untuk batuk dulu saya berikan MUCOPECT..dosisnya sesuai anjuran dokter.

    Semoga bayinya lekas sembuh ya…

  35. On April 25th, 2011 at 12:25 am lilis suryani Says:

    dear all… mohon infonya(URGENT)anak saya usia 2 bulan lagi batuk pilek sementara anak saya masih nete asi obat apa ya… yang harus saya berikan

  36. On May 12th, 2011 at 11:03 am Uus Says:

    Dear all, mhon infox,anak sy 7,5 bln batuk pilek udah hampir 2minggu, blm sembuh2,kt dokter g ada masalah,tp ko g sembuh2, pas awal2 demam jg tp demamx dh trun stlah dksik penurun panas,skg dh mau 2minggu ko tiba2 demam lg, kasik solusix y ibu2

  37. On May 19th, 2011 at 7:23 am dian Says:

    anak Q jg sering flu batuk,trus klo batuk amfe muntah banyak bgt,da yg tw g cara mengatasi’y gmn?dia g minum ASI,7(tolong donk…thanks

  38. On May 29th, 2011 at 4:01 am yoanita Says:

    Dear bunda-bunda
    Kayaknya belum ada jawaban deh untuk anak yg batuk pilek di usia 1-2bln solusinya apa ya? Selaindiberi obat.. Tolong diberi masukkan krn anak saya jg mengalaminya..
    Terimakasih

  39. On June 3rd, 2011 at 3:00 am herni Says:

    selamat siang……
    saya mamanya nabila ayu maheswari…….. saya sangat pusing.karena si kecil batuk & flu belum sembuh – sembuh juga.
    udah saya perikasakan & dibeliin obat ternyata gak ada pengurang.
    pbat batuk & flu yang apa y?????????
    mohon dijawab…… terima kasih

  40. On June 8th, 2011 at 10:21 pm pipit wahyuni Says:

    bunda,sya mempunyai anak yg berusia 7 bulan da hampir 1 minngu ni dy skit batuk pilek .batuky berdahak sampek ngos2san nafasya.uda diberi obat batuk pilek tetep aja masih batuk. sya minta saran dok tuk masalah ni bun….. terimakasih

  41. On June 10th, 2011 at 3:56 pm pnoth Says:

    tolong aq kasih saran dan doanya biar lekas sembuh.
    anaku berusia 5bln sakit batuk+panas+pilek sudah 1mgg belum sembuh juga…
    padahl sudah preksa ke dr biasa/dr spesialis anak…

  42. On July 2nd, 2011 at 3:46 am ega Says:

    Anak saya baru berusia 3 bln lebih udh kena flu gmn cara ngatasinya ya

  43. On July 4th, 2011 at 2:34 am renta Says:

    anakku Evan umur 3.5 bulan sudah seminggu batuk..gak bisa tidur dan rewel.
    Apakah aman minum rempah2 seperti air perasan daun pegagan?(info dari mertua)..
    kulitnya juga putih2 sperti panu di wajah dan sebagian badan lainnya, apakah itu alergi sufor?anak saya siang minum sufor , kalau malam ASI (karena saya kerja).
    Terimakasih

  44. On July 6th, 2011 at 8:10 pm lina Says:

    anak saya usianya 4 bln, akhir2 ini sering pilek, bahkan semalam tepat usianya 4bln, sampai2 susah tidur???gimana cara mengatasinya…
    thx all

  45. On July 18th, 2011 at 12:47 am marwah Says:

    anaku umur 9 bln sering batuk pilek bagaimana cara mengatasinya?

  46. On July 19th, 2011 at 12:30 am Ning Says:

    Anakku umur 1tahun 1 bulan… sering batuk n pilek… aq sih sering kasih obat nipe ( untuk obat pilek ), MUCCOPECT ( untuk obat batuk) apakah obat itu sudah standar dengan umur anakku atau masih adakah obat yang lebih bagus dari itu?

  47. On July 22nd, 2011 at 10:20 am elly Says:

    @ bundas,,, klo yg anakny diatas 3 bulan batuk & pilek & banyak lendir dtenggorokan & klo kita pegang punggungny nafasny seperti kotor,,, sbaikny klo ke DSA langsung minta inhalasi aja (klo diagnosa DSA batpil anak bukan krn alergi) soale inhalasi lebih aman bg anak bayi terhadap paparan obat kimiawi. inhalasi + suction olh ahli fisioterapi insyaa Alloh obatny to the point langsung ke paru2, beda dg obat kimiawi yg harus muter k sluruh tubuh bayi lewat aliran darah shingga lbh banyak resikony. pengalaman baby saya usia 3,5 bln batpil sdh lewat 10 hari, lendir banyak, akhirnya bawa ke DSA & d kasih resep & klo blum smbuh jg kita inhalasi, karena sblum k DSA sy sdh googling plus minus inhalasi, maka pas d kasih resep langsung saya tembak “klo saya minta langsung utk inhalasi gimana dok?” trus DSA-ny bilang “oh,,, boleh2,,, saya kasih resep krn biasany orangtua kberatan klo saya langsung rujuk utk inhalasi”. akhirny resepny ngga saya tebus, biidznillaah dg 3x inhalasi+ suction, batpil & lendir baby saya hilang. alhamdulillaah

  48. On July 27th, 2011 at 5:15 am mama.ny naufal Says:

    anak saya usia 3,5 bulan…sakit batuk,pilek,n demam…beberapa kali kedokter tapi blm jg membaik…sedangkan anak saya hanya mengkonsumsi sufor..anak saya sakit sejak umur 1 bulan..solusi apa lagi yg harus saya lakukan,,mohon info.ny…dan selama 2 bulan mengkonsumsi obat2an adakah efek.ny untuk kedepan.ny nanti..? mohon info.ny….terima kasih..

  49. On August 1st, 2011 at 10:40 pm ayar Says:

    saya punya anak cewek umurnya baru 15 bulan dari umur 4 hari sampai sekarang sering mengalami sakit-sakitan n penyakitnya tidak jauh dari masalah batuk dan pilek terakhir pernah di rawat salama kurang lebih satu minggu. anak saya sudah menjalani tes darah, ronsen. dan mantuk tapi hasilnya bagus kira-kira apa yang menjadi faktor penyebab anak saya sering batuk pilek ? mohon jawabanya segera di gmail saya ayardansafa@gmail.com

  50. On August 26th, 2011 at 1:12 pm Aprianto Dwi Saputro Says:

    anak saya baru umur 3 bulan sudah 1 bulan ini Pilek…..
    dah dibawa ke dokter,udah di Uap………….ko masih pilek….
    ada solusi terbaik gak…………….

  51. On August 29th, 2011 at 8:10 pm handarwulan Says:

    seneng berbagi pengalaman

  52. On September 2nd, 2011 at 8:20 pm yuli Says:

    Bun,anakkku usia 1bln,ud kena batuk,nafasx cpt,dkasi dokter obat batuk mucos

  53. On September 3rd, 2011 at 4:14 am aflah Says:

    salam buat smua…
    Cara ngatasi batuk pilek n hdung tsumbat anak byi 1 bln bagaimn?

  54. On September 6th, 2011 at 3:04 am Dadan Hamdani Says:

    anakku usia 1 thn gampang sekali kena pilek dan batuk, obat apa yang cocok untuk anak saya, dan batuknya berdahak

  55. On September 13th, 2011 at 12:01 am evy Says:

    Anak sy umur 4 bulan 1 minggu, dia skrg mengalami batuk dan pilek mohon sarannya bgimana cara meredahkannya

  56. On September 17th, 2011 at 2:58 am mama nadya Says:

    Pd hakekatnya common cold pada bayi akan sembuh sendiri,,obat2an dr dokter memperingan gejala saja.

    Apabila batuk pilek menyerang pada bayi maka obat yang paling baik adalah asi . Kualitas asi ditingkatkan itu yg terbaik, si ibu bisa makan buah dan sayur lebih banyak dari biasanya. klo batuk mengganggu di malam hari bisa dioleskan vicks vapourrub di telapak kaki lalu pakaikan kaos kaki.

    rasanya ditenggorokan seperti kalau kita habis minum obat batuk.

    untuk yg minum sufor, batuk dan gangguan pernafasan lainnya bisa jadi karena bayi anda alergi susu sapi. Selain berdampak pada kulit dan pencernaan, alergi juga menyerang / menyebabkan rasa tidak nyaman pada saluran pernafasan. Sebaiknya anda konsultasi dgn dsa anda dan mengganti susu formula anda, meskipun sebetulnya kalau bisa sebaiknya diberikan asi saja.

    thx semoga bermanfaat
    Smoga cpt sembuh

    salam,

  57. On September 17th, 2011 at 2:58 pm abier Says:

    hii…….Anak saya berusia 3 tahun and 5 tahun..bagaimana mengobati batuk tercepat pada balita saya

  58. On October 2nd, 2011 at 11:52 am Bunda Fuad Says:

    Mamah, bunda, Moms, ibu smw, smoga share pngalamnku yg sdikit ni brmanfaat.
    Anak ku br mw masuk 5 bln skrg jg lg batuk pilek, Alhmdlh aku lg progrm Asi Ekslusif.
    Memang Asi amat mningkatkn imunitas alami anak, tp klo Allah lg ngasih cobaan ttp aja bs sakit.
    Aku jg kasihan lihat dia batuk2 dgn mata sembab & hidung mampet.
    Aku jg mau’a jangan smp da zat kimia yg masuk k’tubuh fuad, tp mau gmn lg. Klo mw sembuh kan butuh ikhtiar (usaha), jd harus rela da obat kimia yg masuk k’tubuh’a demi kesehatan’a.
    Slain obat dr dokter, aku stuju bgt sm mama nadya klo ASI adlh obat trbaik u/ si anak. Tp klo Asi’a g lancar, bs dganti dgn sufor sapi/ kedelai. Slain obat, lingkungan si kecil jg harus dperhatikan. Biar nafas’a lega, stelah dkasih penghangat (minyak/ balsem baby), pijit2 punggung & dada’a, tidur’a jg dpakaikn kaus kaki. Dan 1 lg yg paling penting, sehat & sakit itu kan dari Tuhan yg maha Esa, jg kita brdo’a jg yg lbh ekstra biar anak kita cpat sembuh.
    U/ yg dah diatas 2 thn (g Asi lg), bnyak2 minum air hangat, makan sup ayam yg bnyk bwang putih’a + istirahat lebih u/ pmulihan & dpijit dada punggung’a pk minyk kayu putih.
    It’s all tips are work for me..
    Semoga sehat slalu ya ibu & anak’a smua ;)

  59. On October 3rd, 2011 at 9:42 am intan pelawi Says:

    Iya mom… Bapil penyakit langganan anak2 yg paling merepotkan disamping anaknya juga kasian bgt..
    Kl batuk pileknya udh seminggu ga sembuh juga tambah kan aja antibiotik agar virusnya ga berkembang lebih parah lagi..

  60. On November 14th, 2011 at 11:44 pm Ruli Wildani Says:

    anak saya sekarang baru 1 bulan sdh batuk pilek juga, tertular neneknya. sdh ke dokter tp malah parah, lalu obatnya tidak di terusin. ke bidan malah di kasih puyer, tp tdk di berikan. saya mohon solusinya. trmksh.

  61. On November 19th, 2011 at 6:03 pm dian Says:

    Hai para bunda, devin ku 11 bulan jg batuk pilek sudah 3 minggu lebih dan sudah ke dokter spesialis anak yg menganut (RUM): menurut dsa jika bayi
    Berusia di bawah 2thn kekebalan tubuhnya masih kurang bagus sehingga mudah terkena virus utk itu disarankan jgn membawa bayi ke mall, hindari dari orang dewasa yg sedang terkena batuk pilek, orang dewasa menggunakan masker.

    Kalau bayi sudah terkena batuk pilek,solusinya:
    Banyak minum jus,air putih hangat,sufor,asi utk mengencerkan dahak. Jika bayi sulit minum di berikan mucopect 2kali sehari habis makan sbnyk 10 tetes utk mengencerkan dahak.bayi akan muntah utk mengeluarkan dahak,

    Kalo untuk pilek, diberikan tetesan breathy ke hidungnya setiap 20 menit setelah itu di sedot dgn sedotan ingus.

    Rajin di jemur sinar matahari pagi.
    Rùangan kamar ber ac 26c, usakan ruangan lembab dgn menaruh panci isinya air yg dipanaskan krn uap panas tsb dpt membantu ruangan menjadi lembab.

    Jangan pernah memberikan antibiotik!

    Semoga berhasil àmien

  62. On November 20th, 2011 at 4:43 am Devia Says:

    Hi semua… aku mau cerita pengalamanku nih
    bayiku baru berumur 2 bulan dan kena flu dan pilek. Sedih ngeliat dia bersin dan susah bernafas karena hidung mampet. Beneran gak tega aku liatnya, kadang suka nangis liat dia tidur dengan napas yg bunyi dan dadanya naik turun krn kesusahan nafas.

    Waktu itu kakak iparku ngajak aku bawa anakku ke mom n jo di daerah dharmawangsa untuk di massage. aku nurut aja, apapun akan aku lakukan
    disana bayiku di massage dan aku juga diajarin mbak2nya cara pijat, biar aku bisa melakukannya sendiri di rumah.

    sete;ah rutin beberpa kali ke mom n jo, alhamduilillah… bayiku pileknya sembuh loh… seneng banget liatnya.
    emang ya, ngeliat darah daging menderita itu sangat menyakitkan..

  63. On November 23rd, 2011 at 1:55 am emma marissa Says:

    nambahin tips untuk melegakan hidung tersumbat pada bayi. olesi dada dan leher dengan minyak telon atau balsem baby. olesi juga punggungnya. telungkupkan bayi dan ketuk dengan tiga jari sekitar 10 menit sampai lendir nya keluar, babynya nangis juga tidak apa-apa.justru lendirnya lebih cepat keluar. kata dokterku seperti itu dan walah…thats work for my baby. s’moga bermanfaat.

  64. On November 23rd, 2011 at 5:47 pm Moms Citra Says:

    halo bunda,,,anaku 6 bln skrg lagi flu dan batuk,gmn cara mengatasinya?
    slx aq blm priksakan ke dokter..makasih..

  65. On November 26th, 2011 at 10:26 pm tora Says:

    anak saya berumur 6 bulan,dia kena’ batuk pilek.kira2 ramuan tradisional apa yang cocok untuknya?

  66. On November 29th, 2011 at 9:07 pm tora Says:

    anak saya berumur 6 bulan dia pilek dan batuk2.apa obat yg cocok untuk?trima kasih

  67. On December 8th, 2011 at 10:15 pm arindra Says:

    bunda….
    pilek biasa terjadi dengan anak-anak. untuk anak yang masih dibawah 3 bulan, usahakan untuk tidak memberi obat apapun. Jika masih ASI exclusif, bunda perbanyak aja makan buah terutama buah jeruk. jadi daya tahan anak akan meningkat. Anak saya saat ini lagi pilek tapi belum saya kasih obat apapun karena DSA saya juga tidak menganjurkan memberikan obat. hanya jika demam aja, saya beri obat penurun panas
    Untuk batuknya, bisa diatasi dengan buah apel.

    Untuk bunda yang anaknya hanya pilek dimalam hari. itu bukan pilek bunda tapi alergi debu. jadi tidak perlu diberi obat hanya perbanyak makan buah.

  68. On December 13th, 2011 at 12:26 am Agnes Says:

    Anakku 9 bln…udah 2 minggu batuk pilek,reda eh muncul lagi…kadang pakai demam….udah ke dokter katanya sariawan.reda, sekarang panas lagi…obat dokter sudah,obat yg dijual bebas jg sudah dicoba tapi batuk tidak berkurang….apa yg obat yg manjur…

  69. On December 21st, 2011 at 7:00 pm Wida Says:

    Dear all,Q mw tanya nich,baby Q umur 6 bln kurang,dia batuk ngk sembuh uda 2 minggu.di ksh obat apa ea???

  70. On December 28th, 2011 at 10:37 am rini Says:

    seneng bisa share. pandya usianya 9 bulan, 2 hari yl demam plus batuk ringan. dsa nya kasih resep nipe krn beliau berpendapat batuk nya dari pilek. ga taunya batuknya muncul setelah demamnya turun, dan itu malam hari. kasiaaaan banget………apalagi kalo muntah. cepet sembuh ya nak.

  71. On January 8th, 2012 at 2:33 pm diva Says:

    anak saya umur 1 bln,dy klo tdur ngorok,n klo bernapas seperti kesendak dahak ..
    awal” klhiran’a dy smpet pilek,dkrnakan sy pilek .
    gimana y mnghilangkan dahak’a ??
    soal’a mnggnggu pernfsan baby.

  72. On January 17th, 2012 at 10:37 pm moms key” Says:

    Anakku bapil jg Ißα®U berumur 1bln dan masih asi,apa pengaruh kalo ibunya yg minum obat nya untuk menyembuhkan bapil © bayi…thx

  73. On January 19th, 2012 at 8:23 am mama aliya Says:

    anak saya aliya 2 bln sedang flu dan batuk, apa boleh mengoleskan viks vaporud pada bayi berusia 2 bln. mohon kasih solusi nya ya… Tkx

  74. On January 22nd, 2012 at 2:03 am henry Says:

    Oya bun kelupaan satu lagi
    anak saya sudah tidak minum Asi lagi sejak Umur 3 minggu dikarenakan istri sakit tiFes waktu itu dan menimbulkan air susunya tidak ada
    saya pake susu formula awalnya biasa saja tapi semenjak kena batuk parah dan setelah di rawat dan berkonsultasi ke dokter saya pake susu Yg mengandung HA sempet berganti ka Soya dan sekarang ke LLM
    apa dari susu pengaruh ke gejala batuk bun ???
    soalnya kan susu itu mengandung gula dan batuk itu akan kepancing oleh gula

  75. On January 24th, 2012 at 4:06 am nova Says:

    dear Moms,

    Butuh advice nya.
    Anak saya Nevin skrg sdh 6 bulan, 16 November kamren terkena flu dan batuk. Karena panik sy bawa berobat. konsumsi seminggu anak sy sdikit membaik. giliran ibunya yg kena batuk. seminggu kemudian anak sy kena bapil lagi. sy tdk langsung ke dokter, sy tanya bidan temen sy, dikasih resep bisolvon drop, amoxan dan vit becom plus. seminggu konsumsi, gada perubahan. hampir sebulan dia bapil. kami bawa ke dokter yg berbeda. dikasih resep lagi berupa puyer. konsumsi seminggu ga sembuh juga malah penyakitnya nambah, timbul iritasi pd pantatnya akibat setiap batuk kecirit. sy kembali lagi ke dokter awal, dikasih obat yg include batuk alergi. seminggu konsumsi, anak agak mendingan. kembali sy yg sakit. saya pilih opname krn sdh terkena tipus. 5 hari dirawat. ketemu anak sy kembali, anak sy terserang bapil lagi. kali ini sampe demam. pusing deh, bolak balik bapilnya datang dan pergi ga abis2nya 2 bulan berturut2 ini. boleh advicenya bunda, ini krn apa yah. sy sdh lelah, krn kwatir menghadapi anak sy ini. sy kasih anak sy asi xklusif. ini anak pertama sy. sy sedih juga mlihat dia harus konsumsi obat2an selama 2 bulan ini. hiks.

  76. On February 20th, 2012 at 6:50 pm lin Says:

    mw nanya nie bun,klo bayi pilek boleh tetap d mandiin gk

  77. On March 15th, 2012 at 2:51 am mamah bima tsany Says:

    dear all bunda bunda…
    Anak ku skr dah mau 5bln juga, n lg bapil jg neh…dah kdokter n minum obat tp blm ada tanda’ sembuh, bahkan suarany ky org ngorok gt, gara’ ingus m dahak ny susah kluar, tp stlh baca byk solusi d atas mudah’n bs ngurangn sakitny bima. Tks y

  78. On March 21st, 2012 at 9:38 pm ifafur hulwun Says:

    trima kasih info2x bunda

  79. On April 9th, 2012 at 7:41 am prisca Says:

    ank sya umur 4bln,dy sring trserang batuk n pilek.gmn y buat mncegah?trs biar cpt smbuh d ksih obat ap?
    thx

  80. On July 17th, 2012 at 12:11 am saiful Says:

    Bunda

    Anakku umur 3 bulan saat ini si kecil terkena batuk berdahak dan pilek udah hampir 1 minggu,udah 2 kali saya bawa ke puskesmas terdekat tapi sampai saat ini belum ada perubahaan kata dokter kamis depan kalau emang masih sakit di suruh ke puslesmas lagi rencana nya sich mau di “uap”,pertanyaan kami obat yg cocok buat si kecil yg baru berumur 3 bulan apa soalnya tiap hari minum obat dari puskesmas saya merasa kasihan ama si baby
    mohon saran dan penjelasaannya
    sebab batuk pada bayi dan obat yg cocok

    Best regards,

    Thank you
    Saiful dan emi siswati

  81. On November 15th, 2012 at 8:04 pm fitri Says:

    Anakku usia 3bln, batuk pilek sejak kmrn, selain d kasih obat gmn caranya krn berusaha asi ekslusif nih..

Email will not be published

Website example

Your Comment: