Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Imunisasi DPT

September2

Apakah arti DPT ?
DPT – Difteri Pertusis Tetanus
Difteri : Radang tenggorokan yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian anak hanya dalam beberapa hari saja

Pertusis : Penyakit radang pernafasan (paru) yang disebut juga batuk rejan atau batuk 100 hari, karena lama sakitnya dapat mencapai 3 bulan lebih atau 100 hari. Gejala penyakit ini sangat khas, batuk yang bertahap, panjang dan lama disertai bunyi ‘whop’ dan diakhiri dengan muntah, mata dapat bengkak atau penderita dapat meninggal karena kesulitan bernafas.

Tetanus : Penyakit kejang otot seluruh tubuh dengan mulut terkancing tidak bisa dibuka.

Dapatkah imunisasi DPT diberikan sekaligus dan apakah tidak berbahaya?
DPT dapat diberikan bahkan dapat pula diberikan bersama dengan imunisasi Poliomielitis (penyakit lumpuh), imunisasi Hepatitis virus B (HVB) atau imunisasi Hemophillus influenza B (HiB). Efek samping suntikan DPT dan pemberian Polio melalui mulut tidak berbahaya. Bayi dan anak mungkin akan pegal-pegal, sedikit demam dan rewel selama 1-2 hari, dan dapat diberikan obat penurun panas.

Bagaimana penularan Difteri Pertusis dan Tetanus?
Cara penularan Difteri dan Pertusis adalah :
~ melalui percikan-percikan ludah penderita waktu batuk dan bersin
~ melalui saputangan, handuk, dan alat-alat makan yang dicemari kuman-kuman penyakit tersebut
Cara penularan Tetanus penularannya melalui tali pusat karena pertolongan persalinan yang tidak bersih/steril, melalui luka kotor, luka congek telinga.

Apa bahayanya?
Difteri : menimbulkan kerusakan jantung, tenggorokan tersumbat
Pertusis : Batuk panjang berminggu-minggu, radang otak, radang paru-paru, gizi memburuk
Tetanus : Mulut terkancing, kaku, kejang , radang paru-paru

Dapatkan DPT diberikan kepada semua bayi dan anak ?
Dapat, hanya untuk anak yang pernah mengalami kejang, demam atau yang pernah menderita kejang misalnya epilepsi/ayan sebaiknya diberikan DT saja, agar tidak panas dan timbul kejang. Untuk ulangan pada usia 5 tahun-masuk SD dan 10 tahun – keluar SD, cukup diberikan DT saja. Sedangkan vaksin tetanus bisa diteruskan sampai dewasa.

posted under Imunisasi
26 Comments to

“Imunisasi DPT”

  1. On May 17th, 2009 at 10:03 pm HAIRUDIN Says:

    Selamat pagi saya mau nanyak gimana jika DPT diberikan lebih awal seharusnyakan usia 2 bulan namun diberikan oleh bidan diusia anak 1 bulan.

    bls…… PENTING…!….!…

  2. On May 18th, 2009 at 3:26 am zainal Says:

    dpt itu kan ada 3 ya,kita harus suntik dpt tiga-tiganya atau pilih salah satu aja ya?mohon pendapatnya?

  3. On May 18th, 2009 at 4:01 am yenti Says:

    Dear Pak Hairudin,

    Diawal bayi kita diimunisasikan, biasanya kita akan mendapatkan kartu catatan imunisasi yang didalamnya dokter akan memberikan jadwal kepada kita untuk waktu-waktu pemberian imunisasi selanjutnya. Apabila imunisasi DPT yang diberikan itu 1 bulan lebih awal tentunya bidan tersebut sudah mempunyai jadwal untuk imunisasi selanjutnya. Sekedar berbagi informasi bahwa bayi saya diberikan imunisasi DPT diusianya 3 bulan bukan 2 bulan, karena di usianya yang ke-2 bulan dia diberikan imunisasi Hepatitis B. Saran saya silahkan didiskusikan lebih lanjut kepada bidannya untuk schedule imunisasi si bayi untuk selanjutnya.

    Dear Pak Zainal,

    Untuk DPT yang diberikan kepada anak saya itu adalah DPT INF HIB yang sampai saat ini usia anak saya 1,5 tahun didalam schedule nya harus diberikan 4 kali. Menurut saya sebaiknya disuntikkan sesuai dengan jadwal imunisasi yang telah ditentukan oleh dokter nya jadi tidak dipilih salah satu saja.

    Semoga sharing saya tadi dapat membantu ya…

  4. On June 11th, 2009 at 10:52 pm Mellie Says:

    Kalau rentang waktu pemberian DPT,tiap 1 bulan boleh ga? Optimalkah? Mohon pendapatnya…Terima kasih…

  5. On June 17th, 2009 at 4:04 am yenti Says:

    Dear Mom Mellie,

    Bayi saya diberi DPT HIB yang ke-1 itu bulan Februari kemudian yang ke-2 itu bulan April sedangkan yang ke-3 itu bulan Mei di tahun yang sama. Jadi yg ke-1 dengan ke-2 rentangnya 2 bulan sementara yang ke-2 dengan yang ke-3 itu rentangnya 1 bulan.

    Semoga sharing ini membantu ibu ya….

  6. On July 17th, 2009 at 8:17 pm astradewi Says:

    bolehkah imunisasi DPT II diberikan pada bayi yang sedang kena flu? apakah ada efek sampingnya? kalo ada apa aja ya?
    terima kasih

  7. On July 18th, 2009 at 7:18 am yenti Says:

    Dear dewi,

    Ibu Dewi…dari pengalaman saya, baby saya jg pernah sakit padahal harus imunisasi. Tetapi dokter menyarankan agar menunggu kondisi bayi sehat dulu baru diimunisasi. Efek pasti nya saya kurang tahu hanya saja tidak hanya imunisasi DPT tetapi imunisasi apa saja pun kondisi bayi harus dalam keadaan sehat.

    Semoga info ini membantu ya…

  8. On October 18th, 2009 at 9:47 pm Fitriyah Says:

    Kenapa pada penyuntikan DPT bayinya bisa demam, sedangkan pada vaksin lainnya tidak?? terima kasih atas jawabannya

  9. On November 8th, 2009 at 4:27 am yenti Says:

    Dear Fitri,

    Sebenarnya imunisasi DPT juga bisa tidak demam koq…sekedar share aja dulu bayi saya imunisasi DPT yg pertama menggunakan imunsasi DPT tanpa demam namun setelah mendapat penjelasan bahwa demam nya juga cuam panas suam2 aja maka DPT selanjutnya saya pake DPT biasa yang ada demamnya. Si bayi memang agak rewel karena badannya hangat. Perbedaannya Imunisasi DPT tanpa demam harganya lebih mahal dibandingkan dengan DPT dengan demam..

    Semoga membantu mom…

  10. On December 20th, 2009 at 11:25 am umi aisyah Says:

    anak saya terlambat di berikan imunisasi seharusnya dia sudah beres imunisasi, berhubung anak saya sakit sakitan jd terlambat. Apakah tiu pengaruh terhadap daya tahan tubuh nya.,terimakasih

  11. On February 15th, 2010 at 11:12 pm ayu Says:

    kapan suntikan DPT 1 diberikan?1 bulan lebih atau 2 bulan lebih?trims.

  12. On February 19th, 2010 at 4:51 am yenti Says:

    Dear Mom Umi,

    Yang penting imunisasi nya tetap diberikan walaupun terlambat. Semoga dengan makanan yang bergizi dan lingkungan yang bersih membuat daya tahan tubuhnya lebih kuat.

  13. On February 19th, 2010 at 4:55 am yenti Says:

    Dear Mom Ayu,

    Kalau anak saya DPT1 diberikan pada usia 3 bulan karena usia 2 bulan dia mendapatkan imunisasi jenis lainnya.

    Jadi untuk memastikan kapan si kecil harus disuntik DPT1 silahkan diskusikan dengan dokternya sehingga tidak tumpang tindih suntikan imunisasi yang diberikan.

    Semoga membantu ya mom…

  14. On April 4th, 2010 at 9:13 pm LINA Says:

    waktu di imunisasi anak saya baru sembuh dari deman sekitar seminggu. mtapi setelah di imuniasi DPT demamnya cukup lama hampir 3 hari apakah masih normal tidak bagaimana cara menangulanginya.

  15. On April 17th, 2010 at 1:57 pm ummu nies Says:

    bolehkah anak baru diberikan dpt setelah usianya 1 tahun, karena tadinya sakit2an teruss

  16. On April 21st, 2010 at 7:46 am yenti Says:

    Mom Ummu,

    Untuk imunisasi yang seperti itu silahkan diskusikan dengan dokter yang biasa meng imunisasinya ya…supaya tidak tumpang tindih dengan imunisasi berikutnya.

  17. On April 21st, 2010 at 7:59 am yenti Says:

    Dear Mom Lina,

    Mom biasanya kalau imunisasi DPT anak akan demam tapi itu biasanya akan hilang dalam waktu 1-2 hari. Apabila lebih dari itu silahkan segera menghubungi dokter mom supaya lebih cepat dideteksinya.

    Semoga lekas sembuh ya mom…

  18. On April 23rd, 2010 at 3:01 pm Ntie Says:

    Bantu aku ya..??

    Anakku yg no.2 lupa aku imunisasi DPT III, sekarang usianya sdh 35bln. Aku kuatir sekali, krn dia sering sakit diare, panas hingga 42, batuk n pilek. klo aku ksh imunisasi lagi, mst dr awal (DPT 1, 2 dan 3) ato aku lanjutkan yg sudah (DPT 3, 4, dan 5)..?? Share ya bu sm aku..? Thanks for the info.

  19. On April 29th, 2010 at 5:25 am retno Says:

    Bu anak saya sejak baru lahir terbiasa memakai imunisasi yg tidak menimbulkan sakit panas, memang harganya jd lebih mahal dari yg tidak panas. Apakah hal ini ada efeknya Bu antara imunisasi yg menyebabkan panas dgn yg tidak? sebenarnya apa perbedaannya antara kedua cara imunisasi tersebut selain hal tersebut diatas? dan apabila saya beralih ke imunisasi yg lebih murah apakah tidak membawa dampak negatif buat anak saya? sekarang anak saya usianya 3,5 bulan. Terimakasih.

  20. On June 1st, 2010 at 11:53 pm CizQa Says:

    bagaimana biasanya ibu2 menangani/tindakan mandiri terhadap demam anaknya pasca imunisasi DPT?selain dgn obat yg di beri oleh dokter..
    thx

  21. On August 31st, 2010 at 10:54 pm firdaus Says:

    anak saya diberikan imunisasi polio pada usia 1 bulan, bersamaan dengan BCG, yang ingin kami tanyakan apakah itu tidak berbahaya? karena menurut informasi yang kami dapat pemberian polio baru diberikan pada umur dua bulan. mohon penjelasannya , terima kasih sebelumnya

  22. On December 23rd, 2010 at 7:10 pm suzan Says:

    Anak saya 4 bln di imunisasi dpt ke 2…tp pagi2anak saya panas…sampe 38
    Saat ke dokter turun menjadi 36,5 derajat..tp dokter tetap memberikan imunisasi…dan malemnya panas hingga hari berikutnya..itu akibat dari apa ya???pdhl saya berikan dpt yg tdk panas???

  23. On May 10th, 2011 at 3:35 am nitA Says:

    Buk anak saya waktu imunisasi bidanx salah pemberian vaksinnya, imunisasi DPT yang biasanya di berikan melalui suntikan paha malah di tetes di mulut, saya kawatir sekali kira-kira apa dampaknya, apa bisa membahayakan anak saya ?!! tlg bantuanya dok

  24. On May 11th, 2011 at 3:13 am Sry Kumala Nengsi Says:

    bu apa dampaknya klu pemberian DPT 3 dilakukan 2 kali…….apa itu ga ada pengaruh apa2 ma bayi saya…..makasih ya bu….

  25. On June 24th, 2011 at 4:01 am Devi Says:

    Hai….
    ibu apa tidak apa-apa jika, umur anak saya 2 bulan imun DPT-1, 3bln DPT-2, 4bln sudah DPT-3..??? karena itu sesuai dengan jadwal imunisasi yang diberikan bidan..
    Terima kasih

  26. On July 14th, 2011 at 11:54 pm DESI SUWARSIH Says:

    BU, saya mo tanya anak saya skrg umurnya 10bln tapi sampai skrg blom ada diimunisasi DPT, kalo yang lainnya sudah lengkap, bolehkah DPT di berikan di usianya sekarang.???

Email will not be published

Website example

Your Comment: