Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Bila si Kecil digigit Nyamuk

August15

Sebagai seorang ibu sangat tidak menyenangkan melihat si kecil merasa tidak nyaman karena digigit nyamuk. Selain kulitnya gatal, tidurnya pun jadi terganggu. Bila ia akhirnya menangis, Anda pasti bakal repot menenangkannya. Apalagi bila meninggalkan bekas di tubuhnya.

Namun berhati-hatilah, jangan sampai salah menanganinya. 

Gunakan bedak, tapi…

Umumnya, gigitan nyamuk tidak akan mencederai si kecil. Kecuali, bila yang menggigit adalah nyamuk penyebar penyakit, seperti Aedes aegypti dan Anopheles . Kedua nyamuk itu menyebabkan demam berdarah dan malaria.

Untuk menyiasati gigitan nyamuk tidaklah susah. Segera beri bedak pada bekas gigitan yang memerah. Sebaiknya, gunakan bedak yang mengandung senyawa mentol. Bedak ini akan memberi efek dingin, yang dapat mengurangi rasa gatal.

Perlu diingat untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, jangan terlalu banyak menggunakan bedak mentol. Cukup ditaburi di kulit yang digigit nyamuk saja. Bila bekas gigitan nyamuk banyak, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter. Kalau perlu, dokter akan memberinya obat antiradang.

              

Mencegah selalu lebih baik 

Cegah nyamuk bertandang ke rumah Anda dengan selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan lingkungan rumah. Misalnya saja, dengan tidak membiarkan air tergenang, dan menutup rapat-rapat tempat penampungan air. Selain itu, lakukan juga:

•  Pasang kelambu di atas boks bayi, atau menutup si kecil dengan penutup yang bentuknya mirip tudung saji yang sekelilingnya dilapisi kelambu.

•  Selimuti tubuh si kecil. Bisa juga, kenakan baju berlengan panjang dan celana panjang.

•  Ciptakan kamar tidur bayi yang bebas nyamuk dengan menggunakan:

•  Obat anti nyamuk semprot (minimal satu jam sebelum bayi tidur).

•  Obat anti nyamuk listrik (minimal 5 meter dari boks bayi).

•  Pasang kawat anti nyamuk pada setiap ventilasi kamar maupun ruangan lainnya.

Setelah melakukan berbagai pencegahan, tetap pantau kondisi si kecil, karena bukan tak mungkin ada nyamuk yang “lolos” dari upaya Anda tersebut.

Konsultasi ilmiah: dr. Tina Wardhani Wisesa, Sp. KK, Klinik Sakti Medika, Tebet, Jakarta.

Hindari Ini!

•  Lotion /krim anti nyamuk yang dioleskan pada tubuh bayi. Karena, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat mengiritasi kulit bayi yang masih sensitif. Akibatnya, kulit si kecil jadi kering dan terasa perih.

•  Minyak telon, minyak kayu putih, minyak tawon atau minyak jenis lain . Minyak tersebut umumnya memberikan efek hangat yang mungkin akan membuat si kecil malah semakin tidak nyaman.

•  Obat nyamuk bakar . Asapnya juga dapat mengganggu pernapasan dan beresiko terjadinya kebakaran.

Semoga bermanfaat.

 

posted under Kesehatan
16 Comments to

“Bila si Kecil digigit Nyamuk”

  1. On May 24th, 2009 at 1:05 pm tesy Says:

    halo ibu,
    kalo anak digigit semut… apa ya tips biar bekasnya bisa cepet hilang dan rasa gatalnya ga lama ? makasih atas saran dan tip nya

  2. On May 27th, 2009 at 11:35 pm yenti Says:

    Hi juga Ibu Tesy,

    Sekedar share…biasanya kalo si kecil ku digigit semut aku oleskan minyak tawon..lumayan koq…karena gatalnya ilang dan juga bekas nya bisa hilang walaupun gak langsung secepatnya hilang…

    Silahkan dicoba ibu…semoga bisa membantu

  3. On February 18th, 2010 at 9:27 pm dayu Says:

    hello ibu yenti ada ga dijual di apotek obat anti radang biar gigitan nyamuknya tdk berbekas krn anak saya trauma dgn nyamuk saking seringnya digigit nyamuk maka setiap tidur slalu menggigau ada nyamuk dan slalu menggaruk bekas gigitan nyamuk sebelumnya jadinya bekas yang lama memerah dan luka, saya bingung mengatasinya, tks atas infonya.

  4. On February 19th, 2010 at 4:44 am yenti Says:

    Dear Ibu Dayu,

    Biasanya kalau anak saya digigit nyamuk saya kasi minyak tawon, memang dulu juga sering sampai hampir seluruh kakinya berbekas. Tapi setalah umur 2 tahun hilang dengan sendiri nya.

    Tapi ada juga yang cocok dengan salep ZAM – BUK. Bisa dicari di apotik2. Cuma waktu itu anak saya gak cocok pakai obat itu. Tapi beberapa anak teman saya cocok pakai itu. Saran saya kalaupun mau pakai itu setelah anak usia 2 tahun karena kasian kulitnya kalau masih kecil harus dikasi salep2 gitu. Takutnya kalau terlalu keras malah jadi iritasi.

    Semoga membantu ya ibu…

  5. On April 18th, 2010 at 12:36 pm jessica Says:

    Hai ibu,,,

    anak saya 7bln kalo digigit nyamuk timbul bekas berwarna coklat dan menempel jd rata dgn kulitnya. dari br umur 2-3bln smp skrg tandanya msh ada,tdk bs hilang, pdhal saya sudah kasi minyak telon,minyak tawon,sampai salep..

    bs bantu saya bu..??

  6. On April 21st, 2010 at 7:44 am yenti Says:

    Mom Jessica,

    Dulu anak saya juga ada seperti itu, tetapi setelah dia menjelang usia 1 tahun maka bekas gigitan nyamuk itu lama-lama akan hilang dengan sendirinya.

    Tapi ada juga gigitan nyamuk yang bisa hilang dengan salep zambuk. Tetapi kadang bisa jadi iritasi. Jadi silahkan dicoba tetapi kalau ada tanda iritasi maka segera dihentikan saja.

    Semoga membantu ya mom…

  7. On September 27th, 2010 at 5:49 pm bunda jagad Says:

    hai bunda..jagad suka bentol merah trus jadi htm kl digigit nyamuk.ada solusi ga bun..

  8. On January 9th, 2011 at 9:33 am Ummi Dzaky Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Anak saya berusia 8 bulan,saya bingung dengan bekas hitam yang banyak di kaki kalo habis di gigit nyamuk, saya sudah coba pake minyak tawon, minyak telon dan lotion anti nyamuk, tapi tidak juga hilang, mohon informasinya

  9. On March 15th, 2011 at 7:12 am Mama putri Says:

    Anak aku putri umur 2tahun kalo digigit nyamuk selalu meninggalkan bekas bentol2 nya juga lama baru hilang,tolong dbantu ya.Makasih

  10. On May 11th, 2011 at 11:20 am Mama dhefa agha Says:

    Anakku ahga 9 bulan, kalo digigit nyamuk langsung memerah dan melebar, sehari setelah itu timbul bengkak berisi air seperti kulit kena cacar air, kalo dah meletus bekasnya hitam, dah dikasih minyak telon, minyak kayu putih tetap gak mempan, bantu donk….

  11. On July 6th, 2011 at 11:03 pm Bunda raffa Says:

    anakkum umur 4 bln…beberapa hari yang lalu nak saya digit nyamuk di kedua kakinya… lumayan banyak…saya sudah coba pake minyak telon dan lotion anti nyamuk tapi sampai sekarang bekas gigitan nyamuk nya berwarna hitam masih ada…bisa bantu saya bu…biar bekasnya bisa hiklang.. kasihan ngeliatnya..

  12. On July 6th, 2011 at 11:04 pm Bunda raffa Says:

    anakku umur 4 bln…beberapa hari yang lalu anak saya digit nyamuk di kedua kakinya… lumayan banyak…saya sudah coba pake minyak telon dan lotion anti nyamuk tapi sampai sekarang bekas gigitan nyamuk nya berwarna hitam dan masih ada…bisa bantu saya bu…biar bekasnya bisa cepat hilang.. kasihan ngeliatnya…

  13. On July 18th, 2011 at 7:51 pm bunda wesley Says:

    Buat semua bunda2… Menurut dokter anak, ngak usah dipake minyak telon, minyak kayuputih, minyak taon… Karena minyak2 ini membuat bekas gigitan tambah hitam…. Mendingan pake salep yg dijual di apotik2
    Apollar

  14. On August 10th, 2011 at 12:44 am Bunda Khansa Says:

    pakai minyak telon plus citronella dan chamomile, supaya bayi gak digigit nyamuk dan serangga. Selamat mencoba…..

  15. On February 14th, 2012 at 9:18 am adjeng Says:

    Anak sy usia 2th klo dah d’gigit nyamuk jdd berbekas hitam,gmn cra’y biar bkas hitam2 y bs ilang’y?mksh

  16. On October 2nd, 2012 at 10:21 am Bunda zidan Says:

    Anaq saya umur nya 3 bulan klo digigit nymuk bekas nya byq hitam2 udh pnh di ksi minyak telon ,kayu putih tpi ga mempan apakah bunda bunda tau obat ny mohon bantuan ny

Email will not be published

Website example

Your Comment: