Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Pertumbuhan Janin – Fase Kehamilan

July22

 
Mengetahui bahwa Anda mengandung tentulah sangat menggembirakan. Selama 9 bulan ke depan, Anda akan menjalani ‘kehidupan baru’ yang sangat menarik. Apa saja yang terjadi di dalam rahim Anda selama itu? Bagaimana proses pertumbuhan janin Anda dalam tiap fase? Panduan pertumbuhan janin berikut ini akan membantu persiapan Anda menyambut si kecil hadir dalam kehidupan Anda.

0-4 Minggu

 Pada minggu-minggu awal ini, janin Anda memiliki panjang tubuh kurang lebih 2 mm. Perkembangannya juga ditandai dengan munculnya cikal bakal otak, sumsum tulang belakang yang masih sederhana, dan tanda-tanda wajah yang akan terbentuk.

4-8 Minggu


Ketika usia kehamilan mulai mencapai usia 6 minggu, jantung janin mulai berdetak, dan semua organ tubuh lainnya mulai terbentuk. Muncul tulang-tulang wajah, mata, jari kaki, dan tangan

8-12 Minggu


Saat memasuki minggu-minggu ini, organ-organ tubuh utama janin telah terbentuk. Kepalanya berukuran lebih besar daripada badannya, sehingga dapat menampung otak yang terus berkembang dengan pesat. Ia juga telah memiliki dagu, hidung, dan kelopak mata yang jelas. Di dalam rahim, janin mulai diliputi cairan ketuban dan dapat melakukan aktifitas seperti menendang dengan lembut. Organ-organ tubuh utama janin kini telah terbentuk.

12-16 Minggu


Paru-paru janin mulai berkembang dan detak jantungnya dapat didengar melalui alat ultrasonografi (USG). Wajahnya mulai dapat membentuk ekspresi tertentu dan mulai tumbuh alis dan bulu mata. Kini ia dapat memutar kepalanya dan membuka mulut. Rambutnya mulai tumbuh kasar dan berwarna.

16-20 Minggu


Ia mulai dapat bereaksi terhadap suara ibunya. Akar-akar gigi tetap telah muncul di belakang gigi susu. Tubuhnya ditutupi rambut halus yang disebut lanugo. Si kecil kini mulai lebih teratur dan terkoordinasi. Ia bisa mengisap jempol dan bereaksi terhadap suara ibunya. Ujung-ujung indera pengecap mulai berkembang dan bisa membedakan rasa manis dan pahit dan sidik jarinya mulai nampak.

20-24 Minggu


Pada saat ini, ternyata besar tubuh si kecil sudah sebanding dengan badannya. Alat kelaminnya mulai terbentuk, cuping hidungnya terbuka, dan ia mulai melakukan gerakan pernapasan. Pusat-pusat tulangnya pun mulai mengeras. Selain itu, kini ia mulai memiliki waktu-waktu tertentu untuk tidur.

24-28 Minggu


Di bawah kulit, lemak sudah mulai menumpuk, sedangkan di kulit kepalanya rambut mulai bertumbuhan, kelopak matanya membuka, dan otaknya mulai
aktif. Ia dapat mendengar sekarang, baik suara dari dalam maupun dari luar (lingkungan). Ia dapat mengenali suara ibunya dan detak jantungnya bertambah cepat jika ibunya berbicara. Atau boleh dikatakan bahwa pada saat ini merupakan masa-masa bagi sang janin mulai mempersiapkan diri menghadapi hari kelahirannya.

28-32 Minggu


Walaupun gerakannya sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai bisa berkedip bila melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup.

36 Minggu


Kepalanya telah berada pada rongga panggul, seolah-olah “mempersiapkan diri” bagi kelahirannya ke dunia. Ia kerap berlatih bernaPas, mengisap, dan menelan. Rambut-rambut halus di sekujur tubuhnya telah menghilang. Ususnya terisi mekonium (tinja pada bayi baru lahir) yang biasanya akan dikeluarkan dua hari setelah ia lahir. Saat ini persalinan sudah amat dekat dan bisa terjadi kapan saja.

posted under Kehamilan
72 Comments to

“Pertumbuhan Janin – Fase Kehamilan”

  1. On December 21st, 2008 at 4:07 pm » Pertumbuhan Janin - Fase Kehamilan aQyu DiYa ++’s Blog Says:

    [...] Pertumbuhan Janin – Fase Kehamilan Posted in July 22nd, 2008 by yenti in Kehamilan Mengetahui bahwa Anda mengandung tentulah sangat menggembirakan. Selama 9 bulan ke depan, Anda akan menjalani ‘kehidupan baru’ yang sangat menarik. Apa saja yang terjadi di dalam rahim Anda selama itu? Bagaimana proses pertumbuhan janin Anda dalam tiap fase? Panduan pertumbuhan janin berikut ini akan membantu persiapan Anda menyambut si kecil hadir dalam kehidupan Anda. [...]

  2. On April 19th, 2009 at 10:18 am Mada Says:

    Amaizing…!
    Ternyata begitu ajaib. Senang bs tau perkembgn janin anakku yg pertama.

  3. On June 14th, 2009 at 6:27 am sandra Says:

    kalo usia kandungan 36 mggu sungsang yg di bwh pantatnya gmn?

  4. On June 17th, 2009 at 4:01 am yenti Says:

    Dear Mom Sandra,

    Sudah mencoba senam hamil ibu? Selain senam hamil jalan pagi atau malam hari yang teratur bisa dicoba…

  5. On June 30th, 2009 at 5:54 am amalia_nuraini2001 Says:

    lyat…

  6. On July 22nd, 2009 at 8:38 am diny Says:

    puji tuhan

    pada kehamilan pertamaku ini aku dan suamiku sangat menantikannya, aku selalu mendengarkan lagu klasik/instrument dari pagi maupun sampai malam menjelang tidur slalu dinyalakan oleh suamiku apalagi dengan lagu instrument yang aku suka, pasti bayiku juga menendang atau menggerakkan sesuatu di perutku. doakan awal september ini bayiku akan lahir. dan bisa dengan normal.

  7. On August 19th, 2009 at 12:27 am fikri Says:

    dokter persiapan apa saja pada saat menanti kelahiran dan gmna tanda2 akan melahirkan

  8. On August 27th, 2009 at 6:21 am yenti Says:

    Bisa dilihat di link ini ya…http://www.ibuanakbanget.com/tag/persiapan-menjelang-kelahiran/
    semoga bisa membantu…

  9. On September 16th, 2009 at 11:19 pm menyoen Says:

    maha besar allah

  10. On September 29th, 2009 at 10:13 pm Titit Says:

    Subhanallah…. bnr” tdk bs diungkapkn dgn kata, kbesaran Allah…
    halamn ini sdh q cetak, aq n suami q g bosen” mlihatny… shingga qt jg tau pkembangan janin qt… pada saat jantungny mulai bdetak, anggota wajah mulai tbentuk, dll…
    snang rasany… :)

  11. On October 4th, 2009 at 9:25 am desty Says:

    subhannallah….bagaimana posisi tidur yang baik bagi aliran darah pada saat umur kandungan 12 minggu??

  12. On November 17th, 2009 at 1:52 am sinung victor Says:

    Subhanallah………..begitu besar keagunganmu ya allah
    trimakasi KAU percayakan aku untuk hamil anaku yang ke dua,tak bosan2nya aku bersyukur ats nikmatmu
    apalagi melihat hamalan ini rasanya aku,suamiku anak pertama kami selalu menunggu kahadiran bauah hati kami,ya allah trimakasih semua nikmat MU,semoga janinku berkembang dengan sehat,normal dan bisa lahir dengan NORMAL amin amin amin

  13. On December 2nd, 2009 at 5:54 am gita ulie Says:

    WOW!
    AMAIZING…,!

  14. On December 18th, 2009 at 5:12 am Tristin Says:

    Assalamu’alaikum………..
    saya pernah membaca artikel bahwa normalnya pada trimester pertama berat badan naik 1-2 kg. tapi pada kehamilan saya trimester pertama ini berat badan saya turun 8 kg dalam 3 bulan. karena selama hamil saya susah tidur. bagaimana mbak yenti? apakah itu normal?

  15. On January 7th, 2010 at 10:29 am Grace Lazuardy Says:

    ini kehamilan pertama bagi saya… dan saya sering sekali kuatir akan perkemabangan janin saya.. karna usia kandungan saya sudah memasuki di angka 3 bln, tapi masi belum napak perbahan pada tubauh saya terutama perut. apakah ini masi masuk dalam kategori normal???

  16. On January 8th, 2010 at 5:38 am yenti Says:

    Dear Mom Grace,

    Selamat atas kehamilan pertama nya ya..Memang kebanyakan untuk anak pertama untuk usia kehamilan muda (1-3 bulan) tidak begitu kelihatan perubahan bentuk tubuh terutama pada bagian perut.

    Saya juga mengalami hal tersebut, apalagi karena pada usia kehamilan 1-4 bulan saya mengalami mual-mual. Tetapi setelah melewati masa itu maka bentuk tubuh terutama perut kelihatan lebih besar.

    Yang penting tetap dijaga makanannya yang bergizi. Semoga janin nya sehat ya mom…

  17. On January 26th, 2010 at 11:50 pm ILDA Says:

    ingin sekedar share video ttg pertumbuhan janin di youtube, truly amazing and breath-taking one..
    http://www.youtube.com/watch?v=eB3cMV70qSw

  18. On March 2nd, 2010 at 8:44 am putri Says:

    seneng bisa tau perkembangan bayi…
    walaupun bayi aku baru 7minggu dan aku lahir di luar nikah,,,tapi aku ga akan mau membunuh bayi ku…karena ini pemerian tuhan…makasih tuhan..

  19. On March 4th, 2010 at 12:50 am yenti Says:

    Dear Mom Putri,

    Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan…Selamat ya Mom…Jaga makanan & kesehatannya agar bayi nya lahir sehat…

    Sekarang sudah berapa bulan?

  20. On March 5th, 2010 at 4:51 am Titin Says:

    Assalamualaikum..
    Sedikit info untuk orangtua yg berbahagia
    “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)”. (HR al-Tirmidzi, Hasan Shahih)
    InsyaAllah kami Rumah Aqiqah telah tersebar di 14 kota di Indonesia dan siap untuk membantu anda. Silahkan berkunjung ke website Rumah Aqiqah atau kirim pertanyaan anda ke email kami. Terima kasih
    Wassalamualaikum
    Rumah Aqiqah
    website : http://www.rumahaqiqah.org
    email : welcome@rumahaqiqah.org

  21. On March 10th, 2010 at 11:47 pm amel Says:

    waw senang sekali rasanya,bisa mngetahui perkembangan janin dalam perutQ..

  22. On March 22nd, 2010 at 7:49 am Sagita Says:

    Subhanallah…

    Ternyata bgitu yah fase pertumbuhan janin.Alhamdulillah skrg saya tengah mengandung anak pertama dan usia kehamilan sekitar 6 minggu.

    Saya mau tanya,benarkah saat hamil ada pantangan makan ikan sembilang?

    Tks.

  23. On March 31st, 2010 at 5:00 am uwi Says:

    Subhanallah, puji syukur yg tiada terkira selalu kami panjatkan kepada Nya, krn saat ini aq telah diberikan kepercayaan Nya kembali untuk mengandung anak kedua, setelah mengalami keguguran pd usia kehamilan 11 minggu di anak kami yg pertama bulan september 2009, alhamdulillah pd bulan Februari aq diberikan keperayaan kembali Oleh Nya dan usia kehamilan ku sekarang sdh masuk pd minggu ke 11, mau share aja buat semua yg bisa kasih masukan, pada hamil anak yg ke dua ini beda bgt sm yg pertma, dianak yg pertama sm sekali ga ada rasa eneg, mual bahkan selama hamil 11 minggu dianak pertama ga pernah muntah, makan apa aja bisa masuk n berat badan waktu hamil pertama dalam usia kehamilan 11 minggu naik smp 5 kg tp begitu di kehamilan anak ke dua ini, eneg, mual begitu terasa n setiap x diisi makanan kec buah/ juice langsung muntah, bisa ke isi makanan itu paling hanya 1-2 suap, tp ga lama kemudian kisaran 1-2 jam makanan itu keluar lg, mau nasi, lauk, sayur or apalah kec buah pasti ga bisa bertahan, berat bdn smp sekarang usia kehamilan masuk di 11 minggu blm jg bertambah, sementara aq sering baca2 artikel dr internet, bhwa kebutuhan makanan pd saat awal kehamilam gini sangat diperlukan, setelah baca artikel itu aq jd ketakutan krn ngeliat kondisi aq yg ga bisa kemasukan makanan begini, eneg mual mulai muncul waktu masuk minggu ke 5, untuk sementara aq cm makan yg bisa aq makan n ga muntah ex buah/ juice, vit, penguat kandungan sm madu, udah konsul ke dokter jg tp saranna ya harus makan tp kenyataan susah buat makan, ya pokokna aq udah maksimal bgt deh buat cb makan, tp kalo liat2 artikel dr internet, kebuthan gizi saat hamil bnyk bgt ya buat sehari aja secara aq sehari paling cm bisa masuk susu hamil satu gelas, juice 1-2 gelas sm buah, kalo buah lumayan lah 10-15 ptng sehari, tp makanan susah sekali buat masuk, he5…..cm mau share aja krn takut

  24. On April 13th, 2010 at 11:56 pm roihanah Says:

    subhanallah…g sabar menuggu kelahiranmu,anakku.

  25. On May 6th, 2010 at 2:14 am indah Says:

    ketika kita menyaksikan kehidupan bayi dlam perut qta, insyaallh keimanan kita bertambah besar kpada-Nya.. karena disinilah salah satu keagungan-Nya dalam mnciptakan khidupan. baik2 dalam perut mimi ya sayang.. babah n mimi love u..

  26. On May 18th, 2010 at 10:15 am Dewi Says:

    Mahabesar allah y! Pd awal khamilan aq ngerasa sprt lom rela klw aq hamil,krn di usiaku yg br 23 th,aq smpt beratany pd allah,knp aq cepet2 dikaruniai ank?Aq pkr klw pny ank kebebasanku jd terganggu dan jg aq lom puas merasakan msa mudaku dan kebersamaan sma suami,tp stlh kandunganku mulai tumbuh bsar dan liat pertumbuhan byi dr mggu k mggu,rsa tu perlahan lahan hilang,berganti rasa syukur,trimakasih y allah engkau telah memberi aq kepercayaan!!

  27. On May 19th, 2010 at 4:12 am Becty Says:

    sering baca2 artikel di internet soal kehamilan, soalnya aq lagi hamil jalan 6 bulan.. kadang heran kadang bahagia ternyata ada kehidupan di dalam sana… trmkasih Ya Allah telah menitipkan kepada aq sebuah mahluk kecil ….

  28. On June 5th, 2010 at 8:33 pm Rhea Says:

    Alhamdulillah..
    Terima kasih ya Allah ats kepercayaan dan anugerahMu..
    Mgkn saat ini usia kehamilanq udh msk 4 minggu yg aq mo tx ap seh pantangan mknx apkah g blh mkn yg trll pedas resikox apa? truz aq pernh dgr ktx pd ms kehamln g blh pke cln yg d bgian pinggangx tuch karet btl g yah?

  29. On June 21st, 2010 at 11:38 am uqbah Says:

    barokallah…

  30. On July 13th, 2010 at 7:32 am alifbebifashion Says:

    subhanallah…
    terima kasih buat share ilmunya …
    jarang nih artikel yang kaya gini …

  31. On July 16th, 2010 at 2:50 am vivit Says:

    subbahanallah,
    menakjubkan sekali bs merasakan ada kehidupan yg bergantung pd diri q.indah banget, terimakasih ALLAH…..
    lindungilah anakq.

  32. On July 20th, 2010 at 9:05 am Delusa Says:

    Makasih tuk informasinya, sangat membantu soalnya saya hamil yg pertama baru 6 minggu, Saya tidak mengalami gejala mual2, tapi inginnya tidur terus, apakah normal?terus badan terasa lemes banget

  33. On July 31st, 2010 at 6:22 am ririn veri Says:

    alhamdulillah room ini sangat berguna buat para calon ibu seperti saya.

  34. On August 23rd, 2010 at 8:15 am ibnu hanafi Says:

    Subhanalllah istri aq hamil 5 minggun semoga istriku dan janinnua selalu sehat n amien…

  35. On August 27th, 2010 at 1:36 am bhie_bhie Says:

    what a great miracle…. :)

    aku baru check up dr dokter kandungan bersama psngan ku..dan ternyata hasil nya mengejutkan ada janin kecil di rahim ku walaupun msh berukuran 02 mm, mengetahui hal ini aku n psngn sangat bahagia.
    aku berharap janin ini bisa berkembang dengan sempurna, AMIN.
    Dengan membaca artikel ini membuat pengetahuan ku mengenai kehamilan bertambah dan aku tidak sabar untuk merasakan setiap detik dr proses kehamilan…
    aku bahagia bisa menjadi ibu muda :)

  36. On September 23rd, 2010 at 7:13 am Hikmah Says:

    Subhanallah…Maha Suci Allah..Utk para ibu,mudah2an kita sama2 dberi kekuatan dlm kehamilan kita, membaca artikel td ak meneteskan air mata, haru, seneng, bahagia, sangat bersyukur kepadaNYA..

  37. On October 18th, 2010 at 3:07 am mira Says:

    sekarang ak lg mengandung 8 bulan,informasi ini sungguh bermanfaat, mohon doanya biar melahirkan nanti lancar..amin

  38. On December 16th, 2010 at 7:00 am Uswah Says:

    Alhamdulillah, dg membaca artikel tentang ibu hamil. Jd smakin semangat untuk menjaga kandungan…

  39. On January 19th, 2011 at 9:07 am Trida Says:

    Thanks atas infonya ya. .
    Skrg saya sdg hamil 6 bln.

  40. On January 31st, 2011 at 9:16 am tari Says:

    slm kenal…
    say, ak mau nany… usia kehamilanku 7 minggu. tp wkt di usg koqlum keliatan janinna ya? ap emang lum bs dilht? ak jg kdng2 flek2 gtu… trm ksh

  41. On January 31st, 2011 at 10:48 pm ria Says:

    to be a good mother

    Puji Tuhan……
    thx buat artikel ini, benar2 sangat membantuku utk mengetahui janinku d kehamilan pertamaku ini. Saat ini usia kandunganku mau memasuki 6 minggu, pada saat tespect d pagi hari aku sangat khawatir, stlh bnr2 perhatikan garis 2 muncul dgn cepatnya, akupun langsung mengucap syukur pada Tuhan sangat senang tak sabar aku memberitahu suamiku,yang pada saat itu sedang kuliah d luar (aussie), ternyata suamiku jg semalaman khawatir seperti menantikan hasil pengumuman ujian ^_~ setelah suamiku membaca smsku suamikupun betul2 lompat dan teman2nya juga pada mengucapkan selamat atas kehamilanku setelah tau positif aku hamil sesegera mungkin aku periksakan k dokter dan krn hamilnya msh muda dlm “miss V-ku” d masukin suatu alat walaupun sulit bgt d dpt gambarnya aku sangat senang dan akhirnya dokterpun berhasil mengambil gambar yg sempurna. setelah mengetahui aku hamil dokter langsung memberi vitamin dan susu, saat ini aku tdk sabar menunggu kontrol yg kedua kalinya, sebelum aku berangkat menyusul suamiku ke luar. Doakan aku n babyku sehat2 sampai lahiran nanti disana yah..

    Happy to be a good mother

  42. On February 14th, 2011 at 9:39 am sonya bailaen sinlae Says:

    yx infonya, saya dan suami sangat senang melihat perkembangan bayi kami, skrg sy sdg hamil 5 bln

  43. On February 21st, 2011 at 1:50 am Dewi sartika Says:

    aq sudah telat datang bulan selama 2 bln .tapi aq cek pakai alat tes kehamilan ternyata hasil negatif .tapi Aq juga periksa ke dokter waktu itu aq telat 1minggu hasilnya masih tetap negatif .
    aq memang gemuk apakah ada hubungannya dengan kegemuakan saya .
    Pertanyaan saya “apakah saya hamil atau tidak ”
    Tq

  44. On February 27th, 2011 at 11:44 pm sofie Says:

    saya mau tanya…saya sdh telat haid selama 2 bulan dan saat ini sudah mau menginjak bulan ke tiga..tapi saat saya tes kok hasilnya negatif…kira2 ap ya yg menyebabkan kandungan saya sepeti itu..karna saya merasa gak pernah atau sama sekali mengalammi keterlambatan sampai 2 atau 3 bulan..dn haid saya juga tiap bulan slalu lancar saja..

  45. On April 15th, 2011 at 1:02 am ika Says:

    maha suci allah dgn segala keagungannya menciptakan manusia…
    kehamilan selalu menjadi moment terindah dlm kehidupan saya, saat ini kandunganku usia 6 minggu…meskipun ini kehamilan yg kedua tetapi membaca artikel seperti ini tetap menyenangkan dan selalu buat penasaran…
    thanks wat admin info2 nya…
    sukses selalu

  46. On April 16th, 2011 at 2:31 pm umy_fadly Says:

    assalamu alaikum.. Dok aku mau tanya ni. Aku udah telat 3 mggu, dan di testpeck hasilx positif. Tp sebelum tau aku hamil, aku kira hanya tlambat buln biasa, dan aku minum jamu untuk mperlancar haid slama 1 mggu smpai tau bahwa aku hamil. Kira2 ada efeck g’ dok dgn janinku.. Aku takut bayiku g’ normal.
    Trimakasih sbelumx dok!

  47. On April 19th, 2011 at 2:16 am hearty Says:

    Alhamdulillah ini adalah kehamilan ke-3 setelah kemaren sempat 2 kali keguguran. Dulu waktu hamil ke-1 dan ke-2 aku masih bekerja,mungkin kecapean jd keguguran. Sekarang kehamilanku sudah 6 bln dan sudah berhenti kerja sejak masuk kehamilan 2,5 bln karena pendarahan. Doakan ya semua lancar sampai melahirkan nanti,amin. Buat ibu2 yang pernah keguguran juga,jangan putus asa ya..terus berusaha dan evaluasi dari pengalaman pahit sebelumnya.Yang penting jangan capek/stres di trimester pertama…oce

  48. On April 20th, 2011 at 5:13 am yenti Says:

    Semoga sehat selama masa kehamilan dan lancar utk proses kelahirannya ya Bundaa…Jaga Kesehatan dan Selalu Berdoa…

  49. On April 26th, 2011 at 10:07 am Ari maya Says:

    Subhanallah.. Ya Allah terimakasih engkau telah mempercayakan kami dengan mengkaruniai anak kpd kami…akan kami jga amanah ini… Smg kelahiran anak kami yg ke 3 ini di beri kelancaran dan kemudahan amiiin..

  50. On May 15th, 2011 at 12:05 pm Echa poetry Says:

    Subhanallah,,,sungguh mha segalanya untuk-Mu ya Rabb,,,engkau ciptakan dia,bgitu indah,,
    Untk janinku…we love you…bpk ma ibu syang sma kmu,,
    Untk smw bunda Indonesia,slm kenal,,
    Dan smoga proses prsalinan kita smua lancar,normal,dan semoga anak” kita sehat jasmani rohani,,amin..

  51. On May 16th, 2011 at 8:59 am Echa poetry Says:

    Thanks bnget info ny…
    Smga anak ku dan ibu ny sehat dan lahir dgn selamat…

  52. On May 18th, 2011 at 2:42 am MONNACANTIXZ Says:

    SUNGGUH BSAR PENGORBANAN IBU UNTUK MELAHIRKAN KITA

  53. On May 18th, 2011 at 2:45 am LELLY Says:

    Ya Allah………. kpan aq bsa membalas jasa ibuku yg tlah mengandung ku slama 9 bln

  54. On May 23rd, 2011 at 7:41 pm yani Says:

    Stlh lbh dr 2thn saya mnikah,Alhamdulillah akhirx kami dberi kpercayaan u/ memiliki anak. Usia kandungan kini sdh 3bln,trm ksh ya Allah krn Engkau tlh mberikan anugerah terindah dlm hidup hamba. Akan aq jaga titipan yg mjd amanahMu ini,smga kelak mjd anak yg soleh dan solehah. Amin…

  55. On June 19th, 2011 at 7:21 am ny. nofian Says:

    sneng bgt bsa tw fase2 khamilan,jd pgen cpt pny baby..
    hehehe…

  56. On June 22nd, 2011 at 12:26 am YANZI ALAMSYAH Says:

    Insyaallah istriku saat ini sedang mengandung calon bayi kami yg pertama, saat ini usia janin minggu ke 5. Trmksh ya allah atas anugrahmu kepada kami.
    “Ya allah berilah kekuatan dan hidayahmu kepada kami berdua agar senantiasa taqwa dalam menjalani kehidupan ini. Dan berilah kehidupan pada anak kami agar senantiasa sehat dan sempurna. Amin.”
    Terimakasih, artikel ini terasa sangat informatif dan bermanfaat bagi saya.

  57. On September 4th, 2011 at 10:55 pm aysiah Says:

    sungguh luar biasa intinya nikmat penuh rahmat

  58. On September 19th, 2011 at 2:40 am widi Says:

    terima kasih untuk info yang begitu lengkap tapi tidak njelimet. very much appreciated! Salam

  59. On September 24th, 2011 at 2:55 am dwinda arini Says:

    Alhamdulilllah, artikel ini sangat bermanfaat tuk mengetahui perkembangan janin. Saat ini usia kandungan sy 23 minggu, smoga berjalan dgn lancar sampai melahirkan nanti…

  60. On September 28th, 2011 at 11:22 am Mr A Says:

    subhanallah. . .
    Smga Allah cpt2 memberikn kpercyaan kpd kmi untuk menjaga titipan-Nya. . .

  61. On December 29th, 2011 at 5:22 am Anita Says:

    Alhamdulilah kandungan saya sudah 8 bulan saya sudah menanti nanti janin ini untuk lahir ke dunia semoga berjalan dengan lancar sampai nanti kelahiran anak saya yang ke-2

  62. On December 29th, 2011 at 5:26 am Doni Says:

    Alhamdulilah istriku hamil 7 bulan saya mengadakan acara 7 bulanan dan sekarang istriku tau perkembangan anakku dan ia memasuki 9 bulan semoga istri saya nanti di berikan kemudahan untuk melahirkan anak ku yang ke-1 amin…

  63. On December 29th, 2011 at 5:44 am dinda Says:

    aku pergi ke dokter kandungan untuk USG bersama psngan ku..dan ternyata hasil nya mengejutkan kehamilan ku berusia memasuki 7 bulan dan ia perempuan suami ku bilang jangan cape cape di kantor dan sekarang bayiku bergerak gerak di dalam rahimku kata dokter harus dijaga supaya tidak ke guguran
    sampai sekarang mau memasuki 8 bulan aku slalu dengerin musik klasik
    dan baiku menendang nendang perutku smoga saat persalinan nanti aku di beri ke mudahan menjalani kelahiran bayiku yang ke-1 doakan ku ya semoga lahir dengan sempurna Amin…… :) thanks untuk info tentang perkembangan janin soalnya slama ini aku gak pernah ke dokter untuk periksa kandungan soalnya sibuk gak ada waktu dan aku setiap hari minggu melakukan pijatan hamil untuk bayiku si dalam

  64. On January 5th, 2012 at 3:00 am noor atika Says:

    alhamdulillah aku hamil yg ke 3 ini doakan selamet lancar normal sempurna selamet ibu n anaknya.doain aku temen2 sma

  65. On January 8th, 2012 at 5:28 am Ratih Anjany Says:

    Assalamu’alaikum..
    Salam silaturahim :)

  66. On February 15th, 2012 at 10:05 pm emy Says:

    trimakasih y allah, atas karunia mu, saat ni q lagi hamil 6mnggu,,, rasanya brsyukur bgt n sneng sekali krna ini ank prtma bgi sya dn suami,
    oia tapi sya susah sekali bwt makan nasi,, kalo mkn lgsg mntah,bdn sya lems,, pngenya tiduran trs d kmr, pkok nya susah sekali bwt mkan,,, gmn ya ibu2 smua,, tipz biar janin ttp sht tapi keadaan ibunya susah mkan apa aja,,

  67. On February 20th, 2012 at 7:49 am arel Says:

    q dah hamil 16 minggu tapi g da tanda2,,,g da mual,muntah,,kaya biasa aja,,sama aja seperti saat g hamil,,,perut q juga g da perubahan,,aduhh q takut,,ini normal ap g ya,,,,

  68. On March 3rd, 2012 at 5:55 am Fitrah Says:

    Mom..usia khamilanq skrg sdh memasuki usia 8 bln,wkt DiUSG dr. Blg letak bokong,,apakah msh bs tu berptar jd letk kpala…?

  69. On March 10th, 2012 at 1:59 pm Afwan Says:

    mksih info nya… saya mau tanya ne.. pada bulan ini sudah masuk bulan ke 5 kehamilan istri saya.. ne anak yang pertama.. tpi pada tnggal 08 kmaren kami cek dan USG di dokter.. stelah kami liat di gmbar hasil USG ada slah satu organ tbuh yang blm sempurna.. apakah janin itu baik – baik saja..?? mohon pencerahannya ya… makasih..

  70. On March 11th, 2012 at 11:13 pm Rita Says:

    moga aja janin dalam rahimku sehat dan berkembang dngan bagus sesuai perkembangannya sampai waktu lahirnya ke dunia nanti. moga Allah memberikan berkah dan hidayah-Nya pada hamba, Amiiinn.

  71. On March 14th, 2012 at 8:43 am Rinny Says:

    thanks, blognya sangat2 membantu..

  72. On October 12th, 2012 at 10:46 pm Helena Listyo Says:

    Posting yang menurut Saya sangat indah, setelah mengetahui fase2 pertumbuhan bayi yg selama ini selalu menjadi pertanyaan di dalam hatiku,Thx

Email will not be published

Website example

Your Comment: