Informasi kesehatan ibu dan anak

Kumpulan Informasi untuk kesehatan ibu dan anak

 

Bulan-6

July3

Kondisi ibu memasuki kehamilan bulan-6:
Terjadi perubahan warna pada kulit disekitar perut bawah anda dengan timbulnya garis coklat berawal dari atas tulang kemaluan sampai ke bagian pusar yang dinamakan linea nigra. Perubahan warna tersebut karena adanya hormon kehamilan dan berakibatnya pada terjadinya hipermigmentasi, selain perubahan warna di perut juga dapat terjadi perubahan warna di wajah seperti masker yang terjadi di pipi, hidung dan disekitar mata, perubahan warna ini sering disebut sebagai Masker Kehamilan atau cloasma. Terjadinya perubahan warna kulit ini akan sangat terlihat pada orang yang memiliki kulit gelap, semakin gelap warna kulitnya maka semakin gelap linea nigra terlihat.

Dengan berubahnya hormon pada wanita pada saat hamil maka banyak pula perubahan yang semakin terlihat, terutama pada kulit. Selain terjadinya hiperpigmentasi cloasma dan linea nigra ada juga yang disebut dengan noda merah (spider angiomas) yang dapat timbul dimana pun dibagian tubuh anda. Sebenarnya semua perubahan pada kulit yang terjadi pada saat kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan dan sebaiknya juga hindari terpapar matahari terlalu panas dan selalu gunakan sunblock apabila akan melakukan aktivitas luar.

Berat badan anda sudah bertambah sekitar 5-7 kg, dimana pada minggu-minggu selanjutnya kenaikan berat badan anda sekitar 1 kg perbulan. Oleh karena itu anda juga sudah mulai harus diperhatikan apabila diawal kehamilan anda yang termasuk orang kategori kurus maka anda harus menyesuaikan kenaikan berat badan anda sebaliknya juga apabila dari awal anda termasuk orang yang kelebihan berat badan maka diharapkan anda dapat mengurangi sedikit kenaikan berat anda.

Sebaiknya anda meningkatkan tambahan zat besi pada asupan makanan anda. Zat besi ini berguna untuk membentuk zat darah merah atau Haemoglobin, dan memperkuat daya tahan tubuh anda. Haemoglobin ini merupakan protein yang membawa oksigen keseluruh tubuh anda. Zat besi ini dapat anda temukan pada daging merah, daging unggas dan ikan. Disarankan anda juga tetap menyantap makanan yang juga mengandung vitamin C seperti dalam Jeruk, strawberry, atau brocolly. Vitamin C ini akan membantu penyerapan zat besi lebih baik kepada tubuh anda.

Salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat kehamilan adalah kram pada kaki. Kram kaki juga dapat timbul bahkan mungkin sering terjadi pada saat malam hari atau ditengah-tengah tidur nyenyak anda. Kram kaki ini juga dapat ditimbulkan karena lelah dengan aktifitas anda seharian dan berkumpulnya cairan pada kaki anda. Sebaiknya di siang hari apabila anda banyak melakukan aktifitas anda dapat menghentikan  aktifitas anda beberapa saat untuk beristirahat dan mengangkat kaki anda dengan posisi yang lurus. Anda duduk di kursi dan taruhlah kursi lain dihadapan anda dan letakan kaki di kursi tersebut. Selain itu usahakan untuk tetap banyak meminum air putih paling sedikit 8 gelas per hari.

Pada kehamilan bulan-6 ini disarankan untuk melakukan check gula darah, untuk mengetahui apakah anda menderita diabetes pada kehamilan Gestational Diabetes. Diabetes pada kehamilan dapat menyebabkan bayi anda lahir dengan berat badan yang tinggi yang membuat anda harus melahirkan secara cesar Bila anda mengalami diabetes pada kehamilan maka sebaiknya anda langsung diawasi oleh dokter anda. Ada kemungkinan diabetes pada kehamilan akan hilang setelah anda melahirkan. Sehingga disarankan untuk melakukan test kadar gula darah lagi setelah anda melahirkan untuk menentukan apakah anda menjadi penderita diabetes atau tidak.

Walaupun mungkin anda tidak mengidap penyekit diabetes setelah melahirkan tetapi tetap disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat dikemudian hari untuk menghindari timbulnya Diabetes Mellitus dikemudian hari.

Pembentukan organ bayi :
Bayi anda sudah belajar untuk tidur dan bangun pada jam yang lebih konsisten. Sel darah putih (leukosyt) bayi  sudah mulai terbentuk untuk melindungi bayi dari infeksi dan penyakit. Gigi bayi sudah sepenuhnya terbentuk dibawah gusinya. Apabila bayi yang dikandung perempuan pada minggu ini sudah terbentuk vagina. Kulit tubuh bayi sudah mulai semakin jelas walaupun masih keriput, keriput tersebut akan berkurang dengan seiring pertambahan berat badannya. Lapisan kulit bayi anda ini sudah mulai terisi dengan lapisan lemak.
Hati-hati bayi bisa mengetahui semua rahasia ayah ibunya karena bayi sudah semakin jelas mendengar semua pembicaraan ayah ibunya apapun yang anda bicarakan, nyanyikan, atau hal-hal apapun yang mungkin memang anda ingin bicarakan dengan si bayi sudah dapat ia dengarkan. Alis mata dan kelopak matanya pun sudah semakin jelas terbentuk. Otak bayi pun sudah terbentuk baik walaupun perkembangannya masih terus akan berlangsung hingga bayi anda lahir serta berkembang sampai balita. Apabila bayi anda laki-laki maka akan terbentuk testis dan mulai menghasilkan sperma tetapi dalam bentuk yang sangat sederhana. Mata bayi anda sudah terbentuk baik walaupun warna mata bayi anda masih belum jelas. Pankreas bayi sudah mulai memproduksi insulin. Paru-parunya semakin berkembang untuk mempersiapkan bayi untuk bernafas.

Pada akhir bulan-6 ini berat rata-rata bayi anda adalah 600-610gram dengan tinggi kurang lebih 30 cm.

posted under Kehamilan
27 Comments to

“Bulan-6”

  1. On August 19th, 2008 at 4:33 am yuni Says:

    wah persis bgt saya juga sedang masuk hamil 6 bulan dan ada garis gelap lurus dr pusar ke bawah..bayi saya terakhir diusg waktu kehamilan 21 minggu beratnya 445 gram,bearti waktu nanti saya cek lg beratnya sekitar 600gr ya :) makasih infonyaa

  2. On May 18th, 2009 at 7:35 am rusydi Says:

    Ih sm kyk istri sy juga.barusn sy liat di prutnya,ada garis coklat gitu.boleh gak y istri sy minum es.di sini panas sey.skalian buat pmbaca:kritisi tulisan2 di blog sy y di http://www.menapaki.blogspot.com

  3. On January 26th, 2010 at 12:48 am minda Says:

    ya..ya…ya…garis itu juga ada diperutku, wlopun blm genap 6 bulan seh…. tendangannya semakin mantap! apalagi klo malam…WOW!!!

  4. On February 19th, 2010 at 5:21 am CIE Says:

    WA….sama persis sama aku u, sekarang mau 6 bulan tapi bayinya sudah aktif sekali

  5. On May 6th, 2010 at 4:16 am zeze Says:

    saya ud memasuki kehamilan 5,5 bulan. bayiku aktif sekali apalagi kalo malam hari. garis di dekat pusar mulai kelihatan juga. selamat buat para ibu :-)

  6. On July 5th, 2010 at 9:50 am umi nana Says:

    saya sangat suka membaca website ini,karna banyak pengalaman yg saya dapat ketahui,dan dengan membaca website ini saya bisa leka dengan waktu,TERIMA KASIH

  7. On July 5th, 2010 at 9:55 am umi nana Says:

    SEKARANG SAYA HAMIL 6 BULAN 2 MINGGU,MASALAH SAYA,,,DILEHER SAYA SEPERTINYA ADA BANYAK TAHI LALAT KECIL2 BERWARNA COKLAT YANG SEBELUMNYA TAK ADA,PERTNYAAN SAYA,ADAKAH INI KARNA KEHAMILAN?MENGAPA TAK ADA ORANG YG KENA SEPERTI SAYA,TQ

  8. On October 29th, 2010 at 10:11 am dewi ismail Says:

    saya juga sudah memasuki kehamilan 6 bulan, seneng banget, udah bs merasakan gerakan bayi yg aktif banget, udah bs di ajak bercanda, meskipun masih di dalam perut…indahnya menjadi ibu…

  9. On January 9th, 2011 at 6:49 am asta Says:

    berat bayi dlm kandungan ku uda 800 gram…(hamil 6 bulan) gendut ya bayi ku…di usg 4 dimensi, hasilnya cewek…

  10. On January 28th, 2011 at 8:39 am reni Says:

    alhmdllh ak jg dh mw genap 6bln ni,,hbs mgrib ama mlem gerakannya mantep bgt,,woooww amaziiing….

  11. On February 28th, 2011 at 10:59 pm sofia dando Says:

    Skrg aku juga sdh memasuki kehamilan 6 bulan. garis diperut sih gak ada…. tp senang bgt waktu bisa ngerasain tendangannya diperut aku….

  12. On March 2nd, 2011 at 1:36 am hera Says:

    alhmdllh ak skrg 6bln 11hr, dan bayiku laki2 yg sangat aktif, setiap mlm klo mau tidur dibacain doa sama ayahnya di perut bawahku, dan ternyata dia selalu merespon dng menendang2 trs…its amazing…

  13. On March 14th, 2011 at 1:23 am erna Says:

    Saya jg lagi hamil 6 bulan, hasil USG cowok. Krn ini merupakan kehamilan pertama saya, website ini sangat berguna buat menambah pengetahuan saya. trims ya..

  14. On March 31st, 2011 at 7:27 am oky istianah Says:

    thx atas infonya,, ternyata aku mengalami hal yang sama. gerakan2nya sdh mulai hebat. indahnya masa hamil..

  15. On April 9th, 2011 at 1:12 am Tina Says:

    Saya juga udah memasuki kehamilan 6bulan,Alhamdulillah bayi nya sangat gesit.tapi ko kandungan nya kecil ya?/apa ga apa2 karena saya belum USG.Trims ya.

  16. On May 8th, 2011 at 10:52 am bali86 Says:

    Usia kehamilanku jg 6 bulan,bayiku aktif bgt apalg klo papanya udah mulai cium2 perutku wuiiiihhhhh tendangannya makin kenceng…….sng bgt rasanya ada nyawa lain dirahimku……Tuhan mang LUAR BIASA

  17. On July 2nd, 2011 at 5:01 am imelda Says:

    usia kehamilanku sudah 6 bulan, dan babyku terasa aktif sekali menendang2 bisa juga diajak bercanda gembira sekali rasanya menanti putri pertamaku yg sebentar lagi lahir….

  18. On July 4th, 2011 at 3:26 am Indah Says:

    Ini kehamilanku yg ketiga.
    Tetep aja perkembangan janin membuatku takjub.
    Allah maha besar.

  19. On July 11th, 2011 at 12:18 am siti mukosamah Says:

    6 bln ada lintasan garis dibawah perut dan gerakannya luar biasa aktif bgt.so amazing…

  20. On July 12th, 2011 at 2:00 am Via Says:

    Hi thanks buat infonya… bayiku udah 6 bln dan sudah aktif bergerak terutama malam hari… garis2 d perut juga ada… kemarin waktu 5 bln 2 mg, berat bayiku 591gram, tp kata dokter normal2 aja… sedangkan beratku udah naik 11,5 kg… (agak drastis sich naiknya) yang penting sehat :) semoga semua persalinan ibu2 semua lancar dan bayi kita sehat2 aja ya… GBU all

  21. On July 21st, 2011 at 6:53 am eija Says:

    Alhamdulillah,bayi ku sudah 6 bulan sihat dan aktif walaupun byk dugaan ku tempuh ketika kandungan ku 4 bulan..

  22. On August 16th, 2011 at 8:28 am novi Says:

    subahanallah…….masih 6 bulan anak saya sdh sangat aktif didalam perut…saat dibawa puasa pun tetap saja aktifitasnya tinggi…semoga calon ank ku sehat dan menjadi anak yg sholeh….amin….

  23. On September 9th, 2011 at 1:13 am Dewi Says:

    kehamilanku yang kedua sudah masuk 6 bulan.. berbeda dg yg pertama, yang sekarang ini perutku terasa lebih sesak akhir2 ini. aku sudah naik 9 kilo. dan memang ada garis coklat dari pusar ke bawah. Rasa sesak ini membuat nafsu makanku berkurang karena jika makan agak banyak saja lgsg terasa “begah”. bagaimana mengatasinya ya? dan sakit pinggangku makin terasa lebih sering.. mohon sarannya..
    Thanks,,

  24. On September 13th, 2011 at 4:25 am onni Says:

    usia kehamilanku memasuki 6bln. perutku sering kenceng dan bayiy aktif bnget.. ak bahagia bnget bs ngrasaain tendangan bayi ini. Tp ak lg bnyk pikiran, lg d’diemkn swamiku.. Mg ja gk berpengRUH bt calon bayi qt.. Hanya waktu yg bs menjawab..

  25. On November 18th, 2011 at 2:49 am Arik Says:

    Alhamdulillah, usia kandungan saya jg udah 6 bulan jalan. Makin terasa gerakannya apalagi kalo mo tidur… senengnya… jadi bisa ketawa2 sendiri…
    tiap hari aku dengerin musik klasik sama bacaan alQuran semoga bisa berpengaruh ke si beby.. amiiiiiin…. Selamat bagi kamu ibu yg sedang hamil, slalu dijaga ya…

  26. On December 13th, 2011 at 11:28 pm Nelvi Says:

    Ma kasih saya jadi banyak pengelahuan ttg babyku…sanggat bermamfaat…

  27. On January 20th, 2012 at 11:27 am qari Says:

    hi..q.juga lagi hamil mau 6 bulan..alhamdulillah bayi q aktif & sangat menegrti..saat kerja sering kick..kick..saat malam..ikutan tidur kali y…:-)>>

Email will not be published

Website example

Your Comment: